Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Lumajang untuk Dikunjungi Wisatawan saat Libur Lebaran
22 April 2023 | Dilihat 351 kali | Penulis Ajeng . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Lumajang, diperkirakan akan melonjak pada libur Lebaran tahun ini. Hal itu diprediksi akibat tak adanya lagi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

"Mudik Lebaran tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Libur panjang dan kondisi transisi dari pandemi ke endemi membuat lebaran tahun ini, utamanya bagi masyarakat yang mudik atau pulang kampung ke Lumajang, bisa sekaligus berwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati saat dimintai keterangan disela kegiatannya, Sabtu (22/4/2023).

Yuli Haris mengatakan, bahwa beberapa destinasi wisata unggulan di Lumajang siap memikat hati para wisatawan, karena sangat menarik untuk dikunjungi diantaranya, Air Terjun Tumpak Sewu Desa Sidomuoyo Kec. Pronojiwo, Goa Tetes Desa Sidomulyo Kec. Pronojiwo, Tirto Sari View Desa Penanggal Kec. Candipuro.

Kemudian, Hutan Bambu Desa SumberMujur Kec. Candipuro, You and I Garden Desa Sumbermujur Kec. Candipuro, Kali Sejuk Desa Purwosono Kec. Sumbersuko, Tumpak Selo Desa Petahunan Kec. Sumbersuko, Bumi Perkemahan Glagah Arum Desa Kandang Tepus Kec. Senduro, Air Terjun Kapas Biru Kec. Pronojiwo.

Selanjutnya, B29 Puncak Desa Argosari Kec. Senduro, Ranu Regulo dan Ranu Pani Desa Ranupani Kec. Senduro, Air Terjun Watu Lapis Desa Pasrujambe Kec. Pasrujambe, Ranu Klakah Kec. Klakah, Ranu Bedali Kec. Ranuyoso, Kebun Teh Kertowono Anjungan Kenangan Kec. Gucialit.

Dan, Pantai Mbah Drajid Kec. Yosowilangun, Pantai Dampar Desa Gondoruso Kec. Pasirian, Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar Awar, Water Park KWT Wonorejo Kec. Kedungjajang, Pemandian Tambo Raya Idaman dan Sirkuit Sepatu Roda Tambo Raya, serta Pemandian Alam Selokambang Desa Purwosono Kec. Sumbersuko.

Selain itu, dikatakan Yuli Haris, bahwa untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya telah melakukan persiapan, yakni berkoordinasi dengan seluruh pengelola tempat wisata yang salah satunya adalah Membuat Surat Edaran agar pengelola tempat wisata dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung, sehingga Memberikan citra baik kepada para wisatawan dengan menjaga kebersihan, keramahtamahan, memberikan pelayanan yang baik dengan Sapta Pesona".

Oleh karena itu, dirinya juga mengimbau pengunjung untuk dapat menjaga ketertiban, kemanan barang pribadi dan kebersihan. Selain itu, Pengunjung diharapkan dapat membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan agar kenyamanan tempat wisata tetap terjaga.

Dalam kesempatan itu, Yuli Haris juga membagikan tips bagi para pengunjung wisata diantaranya :

1. Tentukan Destinasi Wisata sebelum berangkat. Cari informasi melalui ig. Pariwisata Lumajang atau medsos.

2. Siapkan dana, manfaatkan libur lebaran untuk healing apalagi yang hobby traveling

3. Nikmati aneka kuliner di tempat wisata

4. Beli Oleh Oleh Khas Lumajang

5. Sampaikan dan informasikan keindahan wisata di Lumajang ke teman, keluarga, kolega dan unggah di media sosial pribadi. (Kominfo-lmj/Ajeng)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan