Indahnya Moderasi Beragama, Umat Nasrani Turut Bantu Pelaksanaan Salat Idulfitri di Lumajang
23 April 2023 | Dilihat 416 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Konsep moderasi beragama di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur agaknya bukanlah isapan jempol belaka. Pada kenyataannya, konsep itu diterapkan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat oleh warga Lumajang.

Seperti yang dilakukan oleh umat nasrani, Pendeta Ishak Sutanto Latif dan Pendeta Jodi memimpin Tagana Rajawali menjaga pelaksanaan Sholat Idulfitri 1444 Hijriah yang dijalankan oleh umat muslim. Bahkan setelah pelaksanaan salat, Tim Tagana Rajawali juga turut membersihkan sampah yang ditinggalkan oleh para jemaah.

"Pendeta Ishak dan Pendeta Jodi bersama saudara kami umat nasrani membantu kami ikut menjaga dan bersih-bersih sampah yang ditinggalkan oleh jemaah, terima kasih," ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq usai sholat Idulfitri di Masjid KH Anas Mahfudz Lumajang, Sabtu (22/4/2023).

Bupati mengaku bersyukur dengan indahnya toleransi di Lumajang. Hal itu sesuai dengan konsep moderasi beragama yang saat ini tengah ia gaungkan demi menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Pendeta Ishak mengungkapkan bahwa gerakan yang ia lakukan bersama TAGANA Rajawali ini sebagai bentuk penerapan moderasi beragama. Ia mengaku berterima kasih memiliki seorang pemimpin yang mampu mengayomi seluruh umat beragama di Lumajang.

"Karena beliau (Cak Thoriq, red) adalah panutan kami, moderasi beragama di Kabupaten Lumajang luar biasa," tegasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan