Pengunjung Pantai Selatan Lumajang Diimbau Tetap Waspadai Gelombang Laut
25 April 2023 | Dilihat 833 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pantai selatan selalu menjadi salah satu pilihan wajib bagi sebagian besar masyarakat di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur untuk berlibur saat libur lebaran. Bahkan, tidak sedikit yang berpendapat bahwa berlebaran tidak lengkap tanpa mengunjungi pantai selatan.

Di wilayah Kabupaten Lumajang, ada beberapa objek wisata pantai selatan yang selalu padat pengunjung saat libur lebaran, yaitu pantai sepanjang wilayah Kecamatan Yosowilangun, Kunir, Tempeh, Pasirian dan Tempursari.

Untuk mengantisipasi adanya laka laut, atau pun kejadian yang membahayakan pengunjung, BPBD Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan jajaran Polsek dan Koramil setempat untuk melakukan pengamanan dan pemantauan objek wisata.

Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Atma Teguh Pambudi mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiagakan sejumlah personil di pos pengamanan pantai selatan untuk mengantisipasi terjadinya laka laut, serta satu tim untuk berpatroli keliling memantau sepanjang pantai selatan Kabupaten Lumajang yang menjadi pusat kegiatan wisata masyarakat.

"Kita mulai hari ini, 3 personil kualifikasi SAR laut per pos dan 5 personil mobiling," kata dia saat dikonfirmasi di Pos Pengamanan Pantai Watu Pecak Kecamatan Pasirian, Selasa (25/4/2023).

Para personil TRC BPBD Lumajang juga dibekali dengan sejumlah peralatan untuk menunjang tugas pengamanan dan penyelamatan.

"Kita bekali dengan ringbuoy sama pelampung," ujarnya.

Selain siaga pos pengamanan, tim yang terdiri dari unsur TNI Polri, SKD, TRC BPBD dan Relawan juga melakukan sosialisasi berupa imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada apalagi dengan gelombang yang besar. (Kominfo-lmj/Fd)

 

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan