Pergerakan Investasi di Lumajang Mulai Progresif
13 Mei 2023 | Dilihat 330 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengungkapkan, bahwa pergerakan investasi di Kabupaten Lumajang sekarang ini beranjak lebih progresif atau ke arah lebih maju.

"Alhamdulillah beberapa sektor di Lumajang mulai tumbuh," ungkap dia dalam paparannya di acara Talk Show dan Pitchdesk Trading Export Scale Up Bisnis UMKM Go Global, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Sabtu (13/5/2023).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa dalam waktu dekat ini, di Lumajang juga akan dibangun sebuah hotel bintang tiga, yang mana dengan adanya hotel tersebut, dirinya optimis nantinya akan dapat memicu beberapa investasi yang berkelanjutan sehingga Kabupaten Lumajang semakin maju dan berkembang.

"Begitu ada hotel Vave (hotel bintang tiga, red) biasanya dibanyak daerah akan menumbuhkan banyak investasi yang serupa yang itu menjadi barometer investasi selanjutnya," terangnya.

Dikesempatan itu, Bupati juga memaparkan komoditas produk unggulan yang ada di Kabupaten Lumajang, mulai dari sektor kuliner, pertanian, wisata hingga hasil olahan dari UMKM.

Ia menambahkan, bahwa di Lumajang banyak sekali masyarakat yang berwiraswasta dengan mengolah berbagai bahan olahan yang kemudian dikemas semenarik mungkin hingga hasil akhirnya dijual dipasaran, namun masih sedikit yang benar-benar serius untuk lebih maju dan mengembangkan usahanya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada seluruh pengusaha atau pelaku UMKM untuk konsisten dan semangat dalam mengembangkan usahanya karena pemerintah siap membantu dalam sisi penjualan serta memajukan usaha tersebut.

"Kesungguhan dari UMKM kami butuhkan, agar supaya tidak hanya tingkat produknya naik, tetapi lebih akses stabilitas, kemasan dan akses pasarnya juga lebih baik," harapnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) Lumajang, Ma'ruf Nidhomuddin menyampaikan, bahaa acara tersebut bertujuan untuk menjelaskan terkait produk unggulan UMKM dari partisinya langsung dan akan diulas oleh para narasumber yang sudah ahli dibidangnya, supaya pemasaran produk UMKM di Lumajang benar-benar bisa di export ke negara lain.

"Harapan kami di acara ini ada 1 atau 2 unit usaha UMKM benar-benar bisa go global, minimal ke negara Malaysia," ujarnya.

Di acara Talk Show itu, juga menghadirkan 3 narasumber terkemuka, yang sesuai dan mendukung acara tersebut, yakni Deden Muhamad Fajar Shiddiq (Atase Perdagangan RI di Malaysia), Arum Kusumaningtyas (Tenaga Ahli Presiden RI, Tenaga Ahli Utama Kemenkop dan Kemendagri), dan Lala Setiani Wee (Coca cola Official Distribution, Director MSS Group, CEO PT MSN). (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan