Air War Show Sikatan Daya Kembali Digelar, Masyarakat Padati AWR Pandanwangi
26 Mei 2023 | Dilihat 639 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Air War Show Sikatan Daya kembali digelar, sejumlah strategi perang Angkatan Udara ditampilkan dalam Sikatan Daya 2023 di langit Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Jumat (26/5/2023).

Kegiatan Sikatan Daya merupakan agenda rutin jajaran Angkatan Udara sebagai bentuk latihan kesiapsiagaan pasukan dan armada tempur udara.

"Ini adalah salah satu latihan angkatan udara, masih banyak latihan lainnya. Ini untuk mengetahui sejauh mana profesionalisme personil kita, kita melatih kesiapsiagaan operasional angkatan udara dan menguji doktrin yang kita miliki," terang Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono, yang hadir langsung pada kegiatan tersebut.

Pemilihan lokasi di AWR Pandanwangi lantaran wilayah tersebut dianggap sudah memiliki standar untuk latihan tempur. Panglima Koopsudnas Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan latihan tersebut.

"Pandanwangi ini tempatnya sangat layak untuk latihan angkatan udara, Alhamdulillah ini terselenggara berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan jajaran Forkopimda," ujar Panglima Koopsudnas.

Dalam latihan tersebut menyajikan manuver dari beberapa armada tempur udara yang dimiliki TNI AU. Tidak hanya itu, ada pertunjukan strategi untuk menaklukan musuh yang menguasai wilayah.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq merespon positif adanya latihan tempur di AWR Pandanwangi. Menurutnya, latihan tempur baik dari TNI AU maupun AD bisa menjadi sebuah millitary tourism yang bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Dirinya pun berharap, kolaborasi antara jajaran TNI dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan event yang berkualitas terus berjalan dan ditingkatkan dari tahun ke tahun.

"Ini dukungan kami, kepada TNI angkatan udara, ini kegiatan yang bisa kita kolaborasikan bersama yang berdampak pada perekonomian masyarakat Lumajang, perputaran ekonomi hari ini pasti lebih banyak dari biasanya," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan