Satlinmas Miliki Peran Penting dalam Pemilu Serentak 2024
30 Mei 2023 | Dilihat 407 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) memiliki peran yang besar dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Oleh karenanya, anggota Satlinmas harus dipersiapkan sebaik mungkin jelang Pemilu 2024.

"Satlinmas memiliki peran besar dalam rangka menjaga stabilitas politik dan penguatan stabilitas keamanan di lingkungan masyarakat oleh satlinmas sebagaimana amant undang-undang," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Lumajang, Paiman dalam arahannya saat Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 bagi Linmas se-Kabupaten Lumajang, di Istana Kuliner Lumajang, (30/05/2023).

Paiman juga menyampaikan, bahwa anggota Satlinmas harus dipersiapkan menjaga stabilitas politik termasuk persiapan menjaga ketertiban umum saat agenda lima tahunan pemilihan umum. Harapannya akan terjamin situasi pelaksanaan Pemilu yang tertib, kondusif, damai dan aman, termasuk didalamnya upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat.

"Lumajang adalah milik kita semua, oleh karena itu menjadi kewajiban kita semua, tangan-tangan bijak dalam komunikasi sosial panjenengan dalam menjaga kebersamaan dengan masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Plt. Kasatpol PP, Sunardi menjelaskan, bahwa sosialisasi diikuti oleh camat, kapolsek, danramil dan Kepala Satlinmas Desa se-Kabupaten Lumajang.

Lanjut dia, sebagai bentuk upaya dukungan Pemkab Lumajang dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024 pihaknya melibatkan satlinmas, namun diungkapkannya jumlah personel yang dimiliki masih terbatas.

"Jumlah personel yang ada di desa 741 personel Satlinmas, sedangkan yang dibutuhkan KPU sebanyak 7.804 personel, kita masih kekurangan, nanti kita petakan desa mana yang kurang dan harus dipenuhi," jelasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan