Pemkab Dukung Pembangunan UIN KHAS Jember di Lumajang
03 Juni 2023 | Dilihat 403 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah akan terus mendukung pembangunan Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember yang berpusat di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro.

"Kita harus mulai memikirkan bagaimana menata kawasan ini menjadi kawasan yang representatif, menjadi kampus yang betul-betul sarana dan infrastrukturnya memadai, Kalau ini terus berjalan dan sekarang mulai kita tata, ini akan saling support dan percepatannya akan luar biasa," terang Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam Forum Group Discussion (FGD) Pengembangan Kelembagaan Menuju Akreditasi Unggul, di Buper Glagah Arum, Jumat (2/6/2023).

Menurut Cak Thoriq, keberadaan kampus tersebut, berpotensi dapat meningkatkan Index Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang yang masih tergolong rendah.

Bahkan, peningkatan akses pendidikan itu, nantinya juga akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Dengan adanya kampus akan ada banyak pertumbuhan ekonomi yang secara tidak langsung itu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kampus, misalnya kos, laundry, fotocopy maupun warung," jelasnya.

Cak Thoriq menambahkan, bahwa UIN KHAS juga telah mendapatkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk penggunaan lahan seluas 100 hektare Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK).

Selain itu, Universitas tersebut dikabarkan akan menyediakan fakultas kehutanan dan peternakan yang selaras dengan sejumlah potensi yang ada di Kecamatan Senduro, yaitu pengembangan perhutanan sosial.

"Perguruan tinggi ini satu konsep dengan perhutanan sosial. Jadi konsepnya perhutanan sosial ini menjadi bagian tak terpisahkan dari praktek dan bagaimana pengembangan metodologi akademiknya," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan