Buper Glagah Arum Lumajang akan Dikembangkan Jadi Konservasi Satwa untuk Edukasi Wisata
06 Juni 2023 | Dilihat 850 kali | Penulis Arif . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Objek Wisata Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan terus dikembangkan untuk menambah daya tarik wisata dan edukasi bagi wisatawan. Rencananya, kawasan itu akan diperlengkap dengan adanya Penangkaran Rusa.

"Semula saya akan mengisi kandang Rusa yang ada di Bumi Perkemahan Glagah Arum. Kemudian, Insyaallah ini akan berkembang," ungkap Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) saat dimintai keterangan usai melaksanakan kunjungan kerja, di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Senin (5/6/2023).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa kunjungan tersebut, dimaksudkan untuk membangun rencana kerja sama dengan Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk mendapatkan satwa Rusa.

Disamping itu, pihaknya juga menyambut baik saran atau ide yang disampaikan oleh Direktur PDTS KBS mengenai pembangunan taman konservasi dalam bentuk Mini Zoo di Lumajang.

"Tadi ada saran terkait pembangunan taman konservasi dari Dirut KBS, tentu ini butuh sharing, edukasi yang tidak mudah, tetapi perlu semangat untuk membangun itu di Lumajang," terang dia.

Sementara itu, Direktur Utama PDTS KBS, Choirul Anwar mengatakan, bahwa dirinya menilai jika Kabupaten Lumajang merupakan wilayah yang sangat potensial untuk pengembangan taman konservasi.

"Potensi Lumajang ini hampir kurang lebih 60 persen masih dalam bentuk hutan lindung, dan kebutuhan untuk membangun taman konservasi sangat potensial untuk dikembangkan," katanya.

Dirinya berharap, Lumajang nantinya dapat membangun dan mengembangkan taman konservasi dalam bentuk Mini Zoo atau yang lebih besar.

"Ke depan, mudah-mudahan Lumajang dapat mendirikan lembaga konservasi dalam bentuk Mini Zoo atau model safari," harapnya. (Kominfo-lmj/R.A)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan