Cak Thoriq Upayakan Sawah Petani di Tiga Desa Kembali Teraliri Air Irigasi
08 Juni 2023 | Dilihat 421 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) terus berupaya mengatasi permasalahan irigasi tiga desa yakni Desa Blukon, Boreng dan Kelurahan Rogotrunan yang tersendat akibat jebolnya DAM Gambiran.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah pembangunan afur tangkil Desa Blukon. Upaya lain yang dilakukan Pemkab Lumajang adalah pemasangan pipa yang memanfaatkan elevasi ke saluran irigasi yang mengarah ke Desa Blukon dan Boreng.

"Ini masih ujicoba, air sudah berhasil mengalir menggunakan pipa memanfaatkan elevasi. Ini per hari mengalir 200 meter karena memang banyak yang hilang karena alirannya sudah lama kering," ujar dia saat meninjau saluran irigasi di DAM Gambiran Lumajang, Rabu (7/6/2023).

Sementara, pembangunan afur tangkil yang ada di Desa Blukon saat ini hampir rampung. Air berhasil dialirkan dari afur tangkil menuju saluran irigasi yang dapat dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah kurang lebih 18 hektar.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa berbagai upaya tersebut dilakukan agar sawah petani kembali teraliri sembari memikirkan solusi-solusi terbaik yang lebih efektif.

"Pembangunan afur tangkil di Blukon airnya dibendung supaya mengalir untuk penampungan air untuk sawah yang ada di Blukon," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan