South Beach Festival, Event Keren di Pesisir Pantai Selatan Lumajang
12 Juni 2023 | Dilihat 805 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Dispar-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan memiliki 'gawe' besar di pesisir pantai selatan. Event perdana bertajuk South Beach Festival akan diselenggarakan di pesisir Pantai Watu Pecak, Pasirian pada tanggal 23-25 Juni 2023.

"South Beach Festival di Pantai Watu Pecak Pasirian, nanti akan ada 500 penari Topeng Kaliwungu, ayo saksikan dan hadirilah South Beach Festival banyak kegiatannya ada lomba layang-layang, lomba mancing, ada resik-resik pantai dan puncaknya Segoro Topeng Kaliwungu, ini keren," ajak Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Senin (12/6/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang mengungkapkan, bahwa event South Beach Festival 2023 merupakan kolaborasi 4 Perangkat Daerah. Diawali resik pantai oleh Dinas Lingkungan Hidup, Festival Layang-layang oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, Watu Pecak Fishing Tournament oleh Dinas Perikanan.

"Dan acara besarnya ratusan penari berlatar belakang indahnya Watu Pecak bertajuk Segoro Topeng Kaliwungu, dimeriahkan juga oleh Jaran Kencak," ungkapnya.

Yuli Harismawati juga mengungkapkan, event tersebut diselenggarakan untuk mengangkat seni budaya khas Kabupaten Lumajang yang dikemas menarik dan diselenggarakan di tempat wisata. Masyarakat dapat menyaksikan beragam event menarik yang berlangsung selama tiga hari ini secara gratis.

Lanjut dia, seluruh event dilaksanakan di tempat wisata, Watu Pecak dipilih karena sudah tertata dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi pemerintah desa dan pokdarwis yang sudah menata dengan baik, aksesnya bagus, amenitasnya juga ada sehingga meningkatkan semangat bersama masyarakat setempat bersama desa mengembangkan wisata ini.

"Di tahun depan bisa saja kita pindahkan ke tempat yang lain, karena ada banyak pantai di Lumajang, ada Pantai Mbah Drajid Yosowilangun, ada Savana Pandanwangi dan pesisir pantai lain yang bisa digunakan untuk event ini," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan