Masyarakat Lumajang Diharapkan untuk Terus Lestarikan Kearifan Lokal
27 Agustus 2023 | Dilihat 1308 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Setiap Kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pasti memiliki kebudayaan yang bermacam-macam dan berbeda. Agar kebudayaan tersebut tidak luntur atau punah, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengharapkan masyarakat untuk terus melestarikan kearifan lokal yang ada di setiap daerahnya masing-masing, salah satunya gelaran Festival Rujak Otek yang ada di Desa Sumberwuluh.

"Saya ingin, pelestarian budaya ini dilakukan setiap tahun sebagai event, karena ini penting, supaya tidak punah," ungkap dia saat membuka Festival Rujak Otek Desa Sumberwuluh Kabupaten Lumajang Tahun 2023, bertempat di di Lapangan Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Minggu (27/8/2023).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa Pemerintah Daerah akan mendukung semua kebudayaan yang ada di Kabupaten Lumajang. Menurutnya, hal itu penting dilakukan supaya di setiap Desa ataupun Kecamatan bisa memiliki icon yang unik dan khas sesuai kebudayaan yang ada di wilayahnya masing-masing, sehingga dapat menarik wisatawan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita (Pemkab Lumajang, red) terus berikan dukungan untuk setiap kebudayaan, supaya bisa sama-sama melestarikan budaya," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah juga mengapresiasi atas gelaran Festival Rujak Otek tersebut, karena antusias yang datang tidak hanya dari warga lokal saja, namun terdapat wisatawan mancanegara yang hadir untuk menikmati rujak otek dan pagelaran seni yang diselenggarakan.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberwuluh, Sulhan mengatakan, bahwa Festival Rujak Otek merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan masyarakat Desa Sumberwuluh.

Ia juga mengatakan, festival tersebut sempat tidak diadakan beberapa tahun kemarin karena diterjang wabah COVID-19 dan bencana Gunung Semeru. Namun, tahun ini diadakan kembali sebagai bentuk melestarikan kearifan lokal di bidang kuliner Desa Sumberwuluh, dan juga untuk mengenalkan kepada generasi muda supaya budaya di Desa Sumberwuluh tidak hilang.

"kegiatan ini untuk mengingatkan kepada anak cucu kita bahwa Rujak Otek di Desa Sumberwuluh tetap ada," katanya.

Ia menambahkan, bahwa tujuan diadakannya festival tersebut juga untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. Oleh karena itu, diharapkan agar setiap tahunnya Festival Rujak Otek terus diadakan dan semakin meriah.

"Semoga tahun-tahun berikutnya bertambah semarak sehingga Festival Rujak Otek akan tetap dipertahankan dan diadakan di Desa Sumberwuluh," harapnya. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan