Kontes Kambing Senduro Piala Presiden, Pertama Digelar di Lumajang
27 Agustus 2023 | Dilihat 408 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) membuka secara resmi Kontes Kambing Senduro Piala Presiden Tahun 2023 di Lapangan Bumi Perkemahan Glagah Arum Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro, Minggu (27/8/2023).

Saat kegiatan tersebut, Cak Thoriq menyampaikan, bahwa kegiatan kontes Kambing Senduro tingkat nasional tersebut merupakan kegiatan yang sudah diharapkan oleh masyarakat, utamanya para peternak Kambing Senduro.

Menurutnya, Kontes Kambing Senduro yang dilaksanakan di Lumajang menjadi apresiasi bagi para peternak Kambing Senduro.

"Sejak lama ini diinginkan sebagai bentuk apresiasi kepada kami para peternak Kambing Senduro, kami berkeinginan agar populasi Kambing Senduro terus dikembangbiakkan. Ini sebuah potensi asli Lumajang yang sudah diakui negara," ujar dia.

Diketahui, Kecamatan Senduro dan Pasrujambe menjadi daerah penghasil hewan ternak kambing dengan karakteristik yang unik. Sehingga banyak Kambing Senduro yang mencapai harga ratusan juta.

Sementara itu, Ketua Umum DPP HPPDKI, Yudi Guntara Noor menerangkan, bahwa Kambing Senduro menjadi salah satu produk peternakan yang patut dibanggakan tidak hanya masyarakat Lumajang melainkan masyarakat Indonesia, lantaran sudah diakui sebagai sumber daya genetik asli Indonesia.

"Ini menjadi kembanggan kita semua,ini asli Indonesia, ini dicatatkan sebagai sumber daya genetik Indonesia, ini kita selenggarakan kontes sebagai bentuk kecintaan kita terhadap potensi kita. Ini kita sudah yang ke 4, yang pertama di Jakarta, sekarang ini kita di Lumajang," terang dia.

Sementara, Ketua Panitia, Drh. Aris Wahyudi dalam laporannya menjelaskan, bahwa sedikitnya ada 11 kelas yang dipertandingkan dalam kontes Kambing Senduro kali ini. Diperkirakan ada 300 Kambing Senduro dari sejumlah wilayah.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah mendukung kegiatan Kontes Kambing tersebut.

"Kegiatan ini alhamdulillah didukung pemkab, ini kita mandiri betul tapi kita dibantu oleh pemerintah. Harapan kami ini bisa terselenggara rutin, syukur-syukur di Kabupaten Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan