Populasi Kambing Senduro di Lumajang Capai 61 Ribu Ekor
27 Agustus 2023 | Dilihat 645 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kambing Senduro telah menjadi salah satu produk peternakan yang sudah diakui sebagai kambing ras asli Lumajang oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Tentu, potensi tersebut terus dijaga, baik pemerintah daerah maupun para peternak. Ketahui saat ini, populasi Kambing Senduro di Kabupaten Lumajang sudah mencapai sekitar 61 ribu ekor.

"Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tadi sudah ada sekitar 61 ribu ekor populasi kambing senduro. Ini jumlah yang diharapkan bisa memutar income ekonomi, termasuk hasil ternaknya itu bisa susu kambing. Itu juga produksinya luar biasa di Lumajang, apalagi Kecamatan Senduro," terang Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat membuka Kontes Kambing Senduro Piala Presiden di Lapangan Buper Glagah Arum, Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Minggu (27/8/2023).

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq juga menerangkan, bahwa Kambing Senduro memiliki nilai ekonomi yang tinggi, apalagi jika sudah mengikuti kontes dan mendapatkan juara.

“Ini ada kambing senduro yang ikut kontes itu ada yang sampai Rp400 juta mungkin ada yang seharga Bobil Pajero, saya pernah ditawari itu. Bahkan untuk mengawinkan indukan terbaik itu bisa Rp10 - 15 juta biayanya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan untuk terus mengembangbiakan populasi Kambing Senduro dengan berbagai program dan penyelenggaraan event kontes seperti Kontes Kambing Senduro. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan