Kawasan TNBTS di Desa Ranupani Lumajang Alami Kebakaran Hutan, Tim Gabungan Terus Lakukan Pemadaman
30 Agustus 2023 | Dilihat 457 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. BPBD-lmj

Kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Resort Ranupani di Dusun Bantengan Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali terjadi pada Rabu (30/8/2023). Diperkirakan api sudah menjalar sekitar pukul 04.00 WIB pagi.

Diduga kebakaran terjadi lantaran musim kemarau panjang dan gesekan antar ranting tanaman yang sudah mengering.

Saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Rabu (30/8/2023), salah satu Petugas BPBD Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo menerangkan, bahwa Tim TNBTS Resort Ranupani telah melakukan penanganan awal dengan membuat sekat api dan pemadaman manual menggunakan dahan-dahan basah. Upaya tersebut ternyata masih belum bisa memadamkan api bahkan berpotensi semakin meluas.

Kemudian, untuk titik api yang di Ledok sudah padam dan api mulai mengarah ke Jantur (jalur alternatif Ranupani - Argosari). Dan, informasi tersebut masuk ke Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang. Sejumlah personil langsung menuju titik kebakaran.

"TRC BPBD Kabupaten Lumajang tiba di lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan api," terang  dia.

Ia menambahkan, bahwa upaya yang dilakukan masih belum berhasil. Api masih besar dan angin bertiup kencang di sekitar Bantengan. Upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim Gabungan yang terdiri dari TNBTS Resort Ranupani, BPBD Kabupaten Lumajang, Babinsa Ranupani, Koramil 0821/03 Senduro, Polsek Senduro dan Masyarakat Peduli Api Desa Ranupani dan Argosari Kecamatan Senduro. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan