Pemkab Lumajang Komitmen Tuntaskan Persoalan Kelangkaan Air Bersih di Kawasan BSD
06 September 2023 | Dilihat 346 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Terputusnya saluran pipa air dari sumber mata air Tunggeng dan Kalipitik, mengakibatkan sebagian warga yang bertempat tinggal di kawasa Bumi Semeru Damai (BSD) Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami kelangkaan air bersih, utamanya warga yang tinggal disisi atau blok paling atas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam acara Peresmian Pendopo Gerak PKK dan Musala As-Sakinah, di kawasan BSD blok P, Rabu (6/9/2023).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa terputusnya saluran pipa air tersebut, disebabkan karena bencana banjir lahar yang terjadi pada Jumat (7/7/2023) lalu.

"Kemarin saluran pipa air yang sudah dibangun dari sejumlah sumber mata air, telah terputus karena banjir," ungkap dia.

Menurutnya, saat ini pemerintah tengah melakukan upaya untuk menuntaskan persoalan kurangnya ketersediaan air bersih bagi sebagian masyarakat yang terdampak.

"Sekarang saluran pipa-pipanya masih dalam proses perbaikan, dan saat ini sebagian sudah teraliri, sebagian ada yang belum," terangnya.

Cak Thoriq mengimbau, agar masyarakat tetap bersabar, sembari menunggu proses perbaikan saluran air terselesaikan. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan