Banjir Tahu Sesi 5 di Lumajang, Tumpeng Tahu Dibentuk Kuda Kencak dan Penari Topeng Kaliwungu
11 September 2023 | Dilihat 457 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Festival Banjir Tahu Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir sudah memasuki tahun ke-5 dalam penyelenggaraannya. Banyak inovasi yang telah dilakukan oleh panitia penyelenggara.

Hal itu pun mendapatkan apresiasi dari Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Minggu (10/9/2023) malam.

Saat menghadiri acara puncak Festival Tahu Sesion 5 Desa Kunir Kidul, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) secara langsung mengapresiasi kesiapan para panitia.

"Kegiatannya semakin bagus, acaranya semakin meriah yang tampil semakin bagus, ini agendanya luar bisa karena setiap tahun dilakukan evaluasi, luar biasa panitianya," ungkapnya.

Menurut Cak Thoriq, perubahan yang menonjol adalah bentuk tumpeng tahu diarak oleh ribuan warga, yang berbentuk Jaran Kencak dan Penari Topeng Kaliwungu.

Selain itu, bupati juga melihat banyaknya pengunjung sangat berdampak pada perputaran ekonomi di sekitar lokasi Festival Banjir Tahu.

"Selain tumpeng e tambah dukur (tinggi, red), ini luar biasanya, banjir tahu ini perputaran ekonomi ini malam hari ini semua bisa dirasakan masyarakat, harapannya ini menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas tidak hanya untuk masyarakat lumajang, terima kasih semuanya," terang dia.

Sementara, dalam momen tersebut, secara langsung Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berpamitan lantaran kurang dari satu bulan Cak Thoriq dan Bunda Indah sudah memasuki masa akhir bhakti sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lumaiang.

"Masih ada kurangan, kami mohon maaf. Kami sudah berupaya maksimal untuk bisa memenuhi janji politik kami, masih ada yang belum tuntas, tapi beberapa sudah terlaksana dengan baik, terima kasih masyarakat Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan