Cegah Stunting, IDI Cabang Lumajang Tanam 300 Bibit Pohon Buah untuk Penuhi Gizi dan Vitamin Ibu Hamil
13 September 2023 | Dilihat 693 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Stunting atau tengkes di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dan organisasi profesi, termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lumajang.

Dalam peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia dan HUT ke-73 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tahun 2023, IDI Cabang Lumajang mengajak sejumlah Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang menanam sebanyak 300 bibit pohon buah, di Hunian Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) Sumbermujur Kecamatan Candipuro.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Selasa (12/9/2023), Ketua IDI Cabang Lumajang, dr. Guntur Sugiharto menerangkan, bahwa penanaman bibit pohon buah tersebut bertujuan untuk membantu penanggulangan Stunting di Kabupaten Lumajang, buah yang dihasilkan nanti diharapkan bisa dikonsumsi warga sekitar, terutama ibu hamil dan remaja, untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang.

Menurutnya, angka Stunting di Lumajang masih cukup tinggi, hal itu menjadi perhatian para dokter di Kabupaten Lumajang yang tergabung dalam IDI Cabang Lumajang. Oleh karena itu, pihaknya melalui kegiatan penanaman pohon buah tersebut bisa membantu memberikan kontribusi bagi warga Lumajang, khususnya bagi warga yang tinggal di BSD maupun masyarakat sekitar lainnya.

“Ini kami berikan kepada warga. Saya juga serahkan kepada desa terkait pengelolaannya,” terang dia.

Selain itu, diterangkan dr. Guntur, bahwa IDI sebagai organisasi profesi yang mandiri terus berkomitmen berbakti untuk negeri mengabdi kepada masyarakat dan bangsa.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Rosyidah menyampaikan, bahwa upaya tersebut menjadi langkah terbaik untuk menurunkan angka stunting. Oleh karena itu, pihaknya akan mendukung penuh demi keberlangsungan warga Lumajang.

“Saya mendukung kegiatan ini, karena bermanfaat bagi warga sekitar, terutama untuk menekan kasus stunting di Lumajang. Setelah kemarin ditanam sayur, kini ditanami buah-buahan,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan