Wabup Lumajang : Semua Kebijakan Publik Adalah Hasil Keputusan Politik
15 September 2023 | Dilihat 1003 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengharapkan, agar penulisan atau penyusunan buku sejarah politik dan pemerintahan di Lumajang, dapat memberikan pengetahuan bagi generasi milenial.

Menurutnya, pemahaman tentang politik dan pemerintahan sangatlah penting, sebab sebuah keputusan politik menjadi motor penggerak yang menghasilkan berbagai kebijakan maupun program untuk publik.

"Setiap orang itu harus tahu, terutama soal politik ya, karena negara kita ini kan semua kebijakannya atas keputusan politik. Maka ini merupakan pelajaran yang baik, utamanya buat kaum milenial," ungkap dia di sela acara Ekspose Sejarah Politik dan Pemerintahan di Lumajang Tahun 1928-2023, di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (14/9/2023).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa penelitian dan penulisan sejarah Lumajang itu, mengambil tema sejarah politik dan pemerintahan, dari masa kolonial, kemerdekaan, orde baru hingga era reformasi.

Sementara, untuk kajian difokuskan pada perubahan-perubahan politik dan administrasi serta reputasi dan capaian-capaian penting yang diraih oleh para bupati.

"Buku ini menceritakan soal perjalanan pemerintahan di Lumajang, mulai masa Raden Tumenggung Kertanegara hingga Thoriqul Haq," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah juga mengajak seluruh generasi milenial untuk belajar mengenal sejarah politik dan pemerintahan di Lumajang.

"Jangan malas baca sejarah, karena itu tidak sekedar mengingat atau mengenang, tetapi jadikanlah itu sebagai ilmu pengetahuan," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan