Bupati Lumajang : Karang Taruna Harus Kembangkan Potensi di Desa
17 September 2023 | Dilihat 824 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda di desa atau kelurahan yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab dari masyarakat.

"Salah satu ciri kemajuan desa yang tumbuh, bisa dilihat dari Karang Tarunanya yang hidup dan terus bergerak di desa dalam mengembangkan potensi yang ada," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam arahannya saat kegiatan Kemah Bakti ke-3 Tahun 2023 Karang Taruna Kabupaten Lumajang, bertempat di Bumi Semeru Damai Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Minggu (17/9/2023).

Dalam kesempatan itu, bupati juga berpesan agar Karang Taruna dapat mengembangkan kegiatan para remaja di wilayahnya untuk terus produktif, dalam pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia, maupun sumber daya alam yang telah ada.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16 - 17 September 2023 diikuti oleh Karang Taruna se-Kabupaten Lumajang. Bertemakan "Wujudkan kebersamaan dengan semangat mengabdi dan berbakti kepada masyarakat melalui Karang Taruna".

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lumajang, Indarto mengungkapkan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada Bupati Lumajang yang sudah berkenan hadir pada acara Kemah Bakti Ke - 3 Karang Taruna Kabupaten Lumajang.

"Mari kita satukan tekad memberikan manfaat untuk kita semua. Mari kita bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi," ungkap dia.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan trofi penghargaan kepada para peraih Karang Taruna Award 2023, sebagai berikut :

Kategori Karang Taruna Usaha Ekonomi Produktif, diraih oleh :

  1. Karang Taruna Bhakti Yudha Pertiwi Desa Labruk Kidul
  2. Karang Taruna Wadakarti Desa Banjarwaru
  3. Karang Taruna Yudha Utama Desa Pagowan

Kategori Karang Taruna Peduli Sosial dan Lingkungan, diraih oleh :

  1. Karang Taruna Tunas Muda Mandiri Desa Karangsari
  2. Karang Taruna Lintang Sekawan Desa Kebonsari
  3. Karang Taruna Wira Karya Muda Kelurahan Jogotrunan

Karang Taruna Teladan, antara lain :

  1. Karang Taruna Pagesangan Desa Gesang
  2. Karang Taruna Sekar Wangi Desa Duren
  3. Karang Taruna Tunas Bangsa Desa Tempursari Kedungjajang

Selain itu, diserahkan juga penghargaan kepada kepala desa yang peduli terhadap pembinaan dan pengembangan Karang Taruna, yakni Kepala Desa Labruk Kidul, Dorogowok dan Tempursari Kedungjajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan