Masyarakat Kecamatan Yosowilangun Diajak Berpartisipasi Tekan Peredaran Rokok Ilegal di Lumajang
18 September 2023 | Dilihat 711 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Masyarakat di Kecamatan Yosowilangun Lumajang diajak berpartisipasi mendukung pemerintah untuk menekan peredaran rokok ilegal di pasaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang didampingi Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dalam kegiatan Jalan Santai dan Sosialisasi Ketentuan diBidang Cukai, bertempat di Balai Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun, Minggu (17/9/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang secara langsung meminta agar para konsumen rokok, yang biasanya adalah bapak-bapak untuk membeli rokok yang bercukai alias rokok resmi.

"Pokok kalau beli rokok harus ada cukainya, bapak bapak yang beli rokok harus rokok yang ada cukainya ya," ujar dia

Bupati juga menyampaikan, bahwa membeli rokok bercukai resmi juga membantu negara untuk melakukan pembangunan, serta memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

Sementara itu, Petugas Bea Cukai Probolinggo, Arif Jaya menerangkan, bahwa salah satu barang yang terkena cukai adalah rokok. Dirinya pun menjelaskan ciri umum rokok ilegal.

"Bapak ibu, rokok ini peredarannya diawasi makanya ada cukainya, sekarang ini ada rokok resmi dan yang tidak resmi, ciri-ciri yang tidak resmi biasanya tidak ada cukainya, pakai cukai palsu, itu ciri umumnya," terang dia.

Dirinya juga berharap peran aktif masyarakat jika mengetahui peredaran rokok ilegal di masyarakat lantaran sangat merugikan negara. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan