Program DBHCHT, Pemkab Lumajang Beri Pelatihan Kompetensi Menjahit bagi Pencari Kerja
11 Oktober 2023 | Dilihat 901 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur memfokuskan program pelatihan keterampilan menjahit yang diperuntukan untuk para pencari kerja, buruh tani tembakau, dan buruh pabrik rokok.

“Karena ini menggunakan DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau, red), maka program pelatihan kali ini diperuntukan buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok, dan ditambahkan beberapa kuota para pencari kerja lainnya,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Lumajang, Paiman saat meninjau proses Pelatihan Menjahit yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang, Rabu (11/10/2023).

Paiman juga mengatakan, bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang sejak 2 Oktober 2023 lalu, dan berakhir pada 16 Oktober 2023 mendatang.

Dirinya berpesan, agar para peserta mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan fokus dan serius, sehingga mendapatkan hasil yang bermanfaat.

"Ibu-ibu, ini adalah fasilitasi dari pemerintah melalui anggaran DBHCHT untuk panjenengan semua, semoga bermanfaat dan membawa rejeki untuk ibu-ibu sekalian, membawa keberkahan nggeh," ujar dia.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang sejak 2 Oktober 2023 lalu dan berakhir pada 16 Oktober 2023 mendatang.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Pelatihan, Mey Hana Indiyaningsih menerangkan, bahwa saat ada 20 pencari kerja yang diberikan pelatihan, beberapa diantaranya adalah pengangguran, setengah pengangguran, buruh tani yang terdampak dan buruh pabrik rokok atau tembakau.

"Kita lakukan pendataan, kemudian pendaftaran kita berikan melalui link sehingga memudahkan yang mendaftar, harapannya, pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk berwirausaha ataupun melamar di perusahaan konveksi," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan