Dukung Akselerasi Pelayanan Berbasis Online, Begini Langkah Diskominfo Lumajang
18 Oktober 2023 | Dilihat 226 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan memaksimalkan akses layanan internet di masing-masing perangkat daerah melalui jaringan intra fiber optik.

Langkah itu, merupakan bagian dari salah satu fokus Diskominfo dalam melakukan penataan infrastruktur pada sisi digitalisasi.

"Kami sudah mendata minimal kebutuhan akses internet dari beberapa perangkat daerah yang tersaluri fiber optik, ada 27 perangkat daerah kemarin yang sudah melaporkan," kata Plt. Kepala Diskominfo Lumajang, Mustaqim saat dikonfirmasi di sela kegiatannya, Rabu (18/10/2023).

Mustaqim juga mengatakan, bahwa saat ini fiber optik yang ada di 27 perangkat daerah, rencananya akan dipusatkan melalui satu pintu dari Diskominfo.

Menurutnya, selain bisa menghemat belanja internet, hal itu juga dapat meningkatkan akselerasi pelayan publik berbasis online.

Sementara, fiber optik itu sendiri, memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya yaitu mampu memacu internet berkecepatan tinggi.

"Itu bagian hal infrastruktur yang kita tata, tentunya tujuan gol utamanya adalah terwujudnya Smart City di Lumajang, khususnya dari sisi digitalisasi," jelasnya.

Oleh karena itu, Mustaqim mengharapkan, agar pembangunan fiber optik, nantinya dapat dikembangkan di seluruh perangkat daerah di Lumajang.

"Mudah-mudahan, ke depan ini bisa dikembang di masing-masing Perangkat Daerah," harapnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan