Pemkab Lumajang Bakal Selenggarakan Berbagai Event untuk Semarakkan Peringatan Hari Santri Nasional VIII Tahun 2023
21 Oktober 2023 | Dilihat 433 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan menggelar berbagai rangkaian acara atau event guna menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) VIII Tahun 2023. Tema yang diusung di Peringatan HSN kali ini yakni, Jihat Santri Jayakan Negeri.

"Tema ini mengandung pengertian bahwa santri itu siap untuk membantu semua, dalam rangka mencapai cita-cita serta tujuan bangsa, terutama kepada para Kyai dan para Ulama," ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Lumajang, Akhmad Faishol saat Dialog Interaktif, terkait Persiapan Pelaksanaan Peringatan HSN VIII Tahun 2023 di Kabupaten Lumajang, bertempat di LPPL Radio Suara Lumajang, Sabtu (21/10/2023).

Faisol juga mengungkapkan, bahwa adapun beberapa agenda atau acara yang akan dilaksanakan di momentum Peringatan HSN tahun 2023 kali ini, diantaranya yakni: Bazar One Pesantren One Prduct (OPOP) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Santri yang diadakan tanggal 20-22 Oktober 2023 bertempat disisi timut Alun-alun Lumajang, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MKQ) pada tanggal 21 Oktober 2023 yang diadakan di 12 tempat di wilayah Kabupaten Lumajang.

Kemudian, Apel Hari Santri Nasional yang diadakan di Alun-alun Lumajang dan dihadiri PJ. Bupati Lumajang, Forkopimda Para Tokoh Agama, dan diikuti 2.500 Santri, kemudian Peringatan Maulid Nabi sekaligus Resepsi Hari Santri Nasional 2023 di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang pada tanggal 29 Oktober 2023.

"Untuk Apel Hari Santri ini dilakukan mengikuti bersamaan acara di Surabaya sebagai pusat acara Hari Santri Nasional VII yang bertindak Inspektur Apel Hari Santri yaitu Presiden RI, Joko Widodo, sehingga Pemkab. lumajang juga akan mengikuti acara tersebut secara virtual," jelasnya

Ia menambahkan, bahwa selain melaksanakan resepsi Hari Santri Nasional di Pendopo Kabupaten Lumajang, pada tanggal 29 Oktober 2023 nantinya juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, Launching Logo NU, Madrasah Jurnalistik, Launching Program Tani, Kejuaraan Go to Provinsi (khusus bagi peserta pencak silat).

Faisol berharap, di Peringatan Hari Santri Nasional ke VIII Tahun 2023 ini, bisa dijadikan momentum untuk menumbuhkan semangat bersama terutama para santri untuk bisa memajukan dan mengembangkan pembangunan Kabupaten Lumajang semakin lebih baik lagi

"Harapannya santri menjadi teladan pengembangan ilmu pengetahuan dan kedamaian," harapnya. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan