Tertarik Ikuti Kontes Kambing PE, Pelajari Metode Perawatan yang Tepat
31 Oktober 2023 | Dilihat 1369 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Untuk menjaga kualitas fisik kambing seni, terutama jenis Peranakan Etawa (PE), tak semudah dengan apa yang dibayangkan. Melainkan butuh perawatan yang ekstra, supaya kambing bisa tampil menarik dan terlihat apik, seperti yang dilakukan oleh peternak kambing asal Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Eko Agus Salim (39th).

Pria yang akrab disapa Eko tersebut mengungkapkan, bahwa sejak merintis dan menekuni peternakan kambing jenis PE Ras Kaligesing sejak 2017 lalu.

Setelah beberapa tahun menggeluti bidangnya, dirinya juga telah sukses menjuarai sejumlah kontes, baik tingkat regional maupun nasional yang digelar di berbagai daerah, seperti Malang, Probolinggo, Pasuruan, Tulungagung serta Jombang.

"Pas tahun 2018, itu Juara Satu Kontes Piala Presiden Kategori B Jantan PE yang di gelar oleh HPDKI (Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia, red) di Jatim Park II, Malang," ungkap dia saat dikonfirmasi di kediamannya, Selasa (31/10/2023).

Menurut Eko, dibalik prestasi tersebut, perawatan secara khusus dan rutin menjadi poin terpenting. Apalagi, kategori penilaian kambing seni ini, biasanya dimulai dari kepala, telinga, tanduk, leher gelambir, postur, pola warna, rambut, testis, kaki, ekor, rewos dan keserasian.

"Tentu yang terpenting dari segi perawatan, seperti rutin dalam memberikan makanan pokok dan tambahan, rutin memandikan serta rutin memberikan vitamin, supaya kualitas fisiknya tetap terjaga dengan baik," terang Eko.

Selain itu, diungkapkan Eko, bahwa dari hasil jerih payahnya tersebut, dirinya juga mendapatkan nilai tambah atau keuntungan, salah satunya meningkatkan nilai jual kambing dari hasil keturunan induk yang telah mendapatkan juara.

"Keuntungannya ya bisa meningkatkan nilai jual kambing dari keturunan kambing yang menang," jelasnya.

Adapun deretan prestasi yang berhasil diraih, diantaranya Juara Satu Open Nasional Kelas B Jantan Kontes Kambing PE 2018, di Wonosalam-Jombang, Juara Dua Kelas A Jantan Kontes Kambing PE Tingkat Nasional Bupati Cup 2019, di Wonosalam-Jombang.

Kemudian, Juara Satu Kambing PE dan Senduro Kelas B Jantan ECO Green Park 2018, di Jatim Park I Malang, Juara Satu Kambing Etawa Tulungagung Kelas B Jantan, Manggala Putra Cup 2018, Juara Dua Kelas A Kategori Jantan, Open Kontes Bupati Pasuruan 2019, kemudian Peringkat Enam Kelas B Jantan, Open Kontes Kambing Peranakan Etawa Ras Kaligesing, Probolinggo Bangkit 2023. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan