HKN ke–59, Pj. Bupati Lumajang Ajak Insan Kesehatan dan Stakeholder untuk Sukseskan Integrasi Layanan Primer Faskes
03 November 2023 | Dilihat 628 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) mengajak Insan Kesehatan dan Stakeholder untuk mewujudkan transformasi kesehatan, dengan menyukseskan integrasi layanan primer di fasilitas kesehatan (Faskes) sehingga tingkat desa.

"Mari kita semua saling bergandeng tangan untuk mewujudkan transformasi kesehatan, serta siapkan dan sukseskan integrasi layanan primer di puskesmas, pustu dan posyandu, serta kunjungan rumah. Semoga tetap terjaga kesehatan kita menuju masyarakat Lumajang yang sehat," ujar dia dalam kegiatan Apel Kesegaran Jasmani dan Senam Bersama dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke - 59 Tahun 2023, bertempat di Alun-Alun Lumajang, Jumat (3/11/2023) pagi.

Menurut Yuyun, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan program lintas sektor bersinergi dalam mendukung transformasi layanan primer melalui kegiatan peningkatan aktivitas fisik, edukasi dan kampanye peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, serta peningkatan kualitas lingkungan.

“GERMAS adalah upaya meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat, agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan perilaku yang kurang sehat, salah satunya dengan gerakan masyarakat hidup sehat.

Yuyun menambahkan, bahwa rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan implementasi kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bersama lintas sektor dengan melaksanakan kegiatan olahraga bersama.

HKN ke-59 Tahun 2023 tersebut, mengangkat tema "Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju". Oleh sebab itu, diharapkan Kabupaten Lumajang mampu bertransformasi atau berubah menjadi lebih baik, khususnya di bidang kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lumajang mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, rumah sakit dan seluruh komponen organisasi perangkat daerah lainnya hingga mitra organisasi profesi yang telah mengikuti kegiatan rangkaian peringatan HKN ke-59 secara serentak pada hari ini.

Usai melaksanakan senam bersama, Pj. Bupati Lumajang bersama Aparatur dan organisasi masyarakat melakukan aksi makan buah bersama, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan konsultasi gizi yang sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan seluruh rumah sakit se-Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan