Wayang Diperkenalkan ke Ruang Kelas, Agar Dalang Muda Bermunculan di Lumajang
07 November 2023 | Dilihat 679 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah melakukan sejumlah kegiatan, salah satunya dengan Wayang Masuk Sekolah. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengenalkan kesenian wayang kulit kepada generasi muda di Kabupaten Lumajang.

"Kami melakukan sosialisasi, wayang masuk sekolah, kami sudah MOU dengan dinas pendidikan, kami ingin kembali mengenalkan kembali kesenian wayang kulit yang sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda," ujar Ketua Pepadi Kabupaten Lumajang, Masrupi dalam audiensinya bersama dengan Pj. Bupati Lumajang dan jajarannya, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (7/11/2023).

Menurut Masrupi, Kabupaten Lumajang memiliki potensi luar biasa dalam bidang kesenian wayang, terbukti dengan mulai lahirnya Dalang Muda yang berprestasi.

"Dalang-dalang muda di Lumajang ini mulai tumbuh, terbukti dalam Festival Dalang Muda di Surabaya, ini Lumajang masuk sepuluh besar," kata dia.

Selain itu, disampaikan Masrupi, bahwa dirinya juga meminta dukungan pemerintah daerah, apalagi seni wayang saat ini mulai ditinggalkan masyarakat, utamanya oleh generasi muda.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengucapkan terima kasih atas sambutan Pj. Bupati Lumajang dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang untuk berdiskusi perihal pelestarian kesenian dan kebudayaan di Lumajang. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan