Langkah Bijak Pj. Bupati Lumajang Dorong Distribusi Produk Surplus untuk Stabilitas Pangan
23 Januari 2024 | Dilihat 256 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Dian

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengambil langkah solutif dengan mendorong kerjasama distribusi produk surplus ke wilayah yang mengalami defisit produksi pangan. Upaya tersebut dilakukan untuk mengendalikan harga dan memastikan ketersediaan komoditas pangan di berbagai daerah.

"Berdasarkan kerja sama yang akan kita lakukan dengan beberapa daerah, kita berharap dapat menyerap produksi surplus Lumajang untuk didistribusikan ke wilayah yang mengalami kekurangan produksi komoditas pangan," ungkap dia saat diwawancarai di sela kegiatannya, Selasa (23/1/2024).

Menurut Yuyun, pengiriman produk pangan dari wilayah surplus ke wilayah defisit menjadi strategi yang dilakukan oleh Pemkab Lumajang, untuk menjaga keseimbangan harga dan ketersediaan pangan di pasaran. Mengingat, Lumajang memiliki surplus pada beberapa komoditas pangan.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan data Kementerian Pertanian terkait Early Warning System (EWS) Produksi dan Neraca Cabai Rawit, Lumajang tercatat sebagai salah satu Kabupaten Sentra produksi cabai rawit. Pada bulan Januari, produksi cabai rawit mencapai 628 ton dengan kebutuhan sebesar 411 ton, meninggalkan neraca bulanan sebanyak 217 ton.

"Di Lumajang, saat ini sedang panen cabai, dan produksinya melimpah. Dengan produksi mencapai 628 ton dan kebutuhan hanya 411 ton, kita memiliki surplus sebanyak 217 ton. Untuk menjaga stabilitas harga, kita perlu menyusun strategi agar surplus ini dapat terserap dengan baik, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," katanya

Melalui langkah tersebut, Pj. Bupati Lumajang berharap dapat meningkatkan daya beli masyarakat, memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi daerah, dan sekaligus menjaga kestabilan harga di tingkat nasional.

“Upaya kolaboratif ini diharapkan dapat menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik dan merata di seluruh wilayah,” harapnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan