Peselancar Asal Lumajang Sebut Pantai Dampar Sejajar dengan World Surfing League
25 Januari 2024 | Dilihat 900 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Lumajang Sourf

Muhammad Khoiri, seorang peselancar berbakat asal Desa Tempeh Lor Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memuji kualitas ombak di pantai selatan, khususnya di Pantai Dampar. Menurutnya, ombak di Pantai Dampar memiliki kualitas yang sejajar dengan event World Surfing League (WSL).

"Pantai selatan punya destinasi yang istimewa, bagus ombaknya untuk selancar, beberapa spot punya ombak yang benar-benar keren, salah satu spot kelasnya sudah termasuk WSL, di pantai Dampar, untuk event bagus banget," ujar dia saat dimintai keterangan di kediamannya, Kamis (25/1/2024).

Meskipun begitu, Khoiri memberikan peringatan bahwa ombak di Pantai Dampar tidak cocok untuk pemula. Ia merekomendasikan pantai-pantai lain seperti Pantai Mbah Drajit dan Pantai Meleman untuk mereka yang baru memulai.

"Pantai Dampar ombaknya besar, arusnya kuat, tetapi bukan untuk pemula, untuk pemula di Pantai Mbah Drajit dan Pantai Meleman, kalau pantai Bambang dan Pecak tidak rekomen karena arusnya kenceng banget," katanya.

Khoiri, yang kini aktif bersama Komunitas Lumajang Surf, sedang menjajaki beberapa pantai lain di sepanjang pantai selatan Lumajang. Tujuannya adalah memastikan kualitas ombak dan keamanan bagi para peselancar yang ingin menjajal ombak di daerah tersebut.

Mengenai citra pantai selatan yang dianggap 'angker' dan memiliki cerita tentang banyaknya korban jiwa, Khoiri menegaskan bahwa hal itu disebabkan oleh kurangnya edukasi kepada masyarakat. Ia menekankan perlunya pemahaman akan keamanan dan aturan sebelum berenang di pantai.

"Image pantai selatan itu angker banyak menelan korban, kita bisa menepis itu, karena mereka tidak tahu arus bawah seperti apa, bahayanya dimana, safetynya bagaimana, kebanyakan korban renang memakai jeans tentu berat untuk berenang, dan renang di kolam dan laut itu beda," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan