Komponen Masyarakat dan Dunia Usaha di Lumajang Diajak untuk Sukseskan Adipura 2024
31 Januari 2024 | Dilihat 553 kali | Penulis Effendy . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang melakukan berbagai langkah strategis untuk memaksimalkan persiapan menjelang penilaian Adipura 2024. Dalam rangka mengkomunikasikan persiapan tersebut, Kepala DLH Lumajang, Hertutik menggelar talk show di LPPL Radio Suara Lumajang, Rabu (31/1/2024).

Dalam talk show tersebut, Dra. Hertutik menyampaikan bahwa penilaian Adipura akan dilaksanakan mulai tanggal 31 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024. Tim Penilai Adipura akan melakukan pemantauan di berbagai daerah, dengan melibatkan lapisan masyarakat secara hybrid.

"Partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat sangat penting. Komunitas seperti KIM (Kelompok Informasi Masyarakat, red) diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung program-program terkait penilaian Adipura," ujar dia.

Ia juga menyampaikan, keberhasilan penilaian Adipura tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga melibatkan seluruh komponen masyarakat dan dunia usaha. Edukasi yang diberikan kepada anggota rumah tangga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Dengan peran serta dan edukasi kepada seluruh anggota rumah tangga, kita berharap dapat memberikan dukungan besar dalam meraih keberhasilan penilaian Adipura," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Lumajang, Agung K. Wicaksono mengatakan, bahwa tingkat kesadaran dan kemandirian masyarakat Lumajang dalam pengelolaan sampah telah mengalami peningkatan.

Lanjut dia, beberapa desa bahkan sudah memiliki kontainer sampah dan kendaraan sampah sendiri melalui Dana Desa, menjadi bukti konkrit akan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. (Kominfo-lmj/Vend)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan