Surfing Paradise: Pantai Dampar, Permata Tersembunyi di Lumajang
01 Februari 2024 | Dilihat 1139 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Ocean Eyes

Pantai Dampar, yang terletak di pantai selatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kini menjadi sorotan utama pelaku olahraga surfing dan menjadi destinasi menarik bagi wisatawan mancanegara. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Kamis (1/2/2024).

Menurut Yuli, pertemuan dengan Ketua Olahraga Ombak Indonesia, Pak Santos, telah mengonfirmasi bahwa Pantai Dampar menjadi incaran para peselancar.

"Pantai Dampar merupakan salah satu pantai yang saat ini sering diincar oleh pelaku olahraga surfing, ini menjadi potensi untuk dikembangkan, potensi olahraga yang menarik wisatawan dari luar negeri," ungkapnya dengan antusias.

Pantai selatan Lumajang, selain memiliki potensi perikanan yang melimpah, juga menyimpan potensi pariwisata yang sangat menarik. Yuli menjelaskan, bahwa pantai selatan memiliki panjang sekitar 70 kilometer, yang bukan hanya menawarkan potensi perikanan tetapi juga menjadi daya tarik pariwisata yang cukup bagus.

"Kita punya pantai yang indah di pantai selatan, yang panjangnya 70 km, tidak hanya potensi perikanan tetapi juga menjadi potensi pariwisata yang cukup bagus. Saat ini ada beberapa komunitas yang melakukan surfing, mereka sering melakukan surfing di daerah Yosowilangun dan di Pantai Dampar karena gelombangnya panjang dan memenuhi untuk selancar," terang Yuli.

Dalam upayanya untuk mengembangkan olahraga surfing di Lumajang, Yuli dan pihak KONI Lumajang sedang bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut. Ia menekankan, bahwa Pantai Dampar, terutama dengan ombaknya, merupakan sirkuit olahraga yang indah dan dapat diakses tanpa membutuhkan investasi besar.

"Kita memiliki laut yang bagus dan memenuhi syarat untuk olahraga surfing, mungkin di awal nanti kita akan lakukan bukan kompetisi tetapi ekshibisi, karena menjadi potensi olahraga baru di Lumajang dan menjadi sarana untuk sport tourism sekaligus mengenalkan pantai kita yang indah, juga merubah image pantai selatan," tambahnya sembari berharap bahwa upaya ini dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata dan olahraga di Lumajang. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan