Pj. Bupati Lumajang Minta Dukungan Aktif Masyarakat untuk Raih Predikat Adipura 2024
01 Februari 2024 | Dilihat 647 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Reza

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) menekankan, bahwa sinergi antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci utama keberhasilan dalam menghadapi penilaian Adipura 2024.

Pernyataan tersebut disampaikannya usai melakukan keliling untuk meninjau kesiapan beberapa titik strategis di Lumajang, seperti Pasar Klojen, Kali Asem, dan Terminal Minak Koncar, Wonorejo, Kamis (1/2/2024).

Yuyun juga menyampaikan, bahwa keberhasilan dalam penilaian Adipura bukanlah tanggung jawab tunggal pemerintah atau Dinas Lingkungan Hidup.

"Karena ini tidak hanya tugas pemerintah, tugas Dinas Lingkungan Hidup, tetapi juga keharusan warga masyarakat lebih peduli kepada lingkungannya. Sehingga akhirnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat ini yang membawa hasil yang baik dalam penilaian Adipura ini," ungkapnya dengan tegas.

Dari hasil tinjauan bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait, Pj. Bupati Lumajang menyatakan, bahwa Lumajang secara umum telah siap menghadapi penilaian Adipura 2024. Namun, ia juga menyoroti beberapa sarana dan prasarana di tempat publik yang perlu dioptimalkan.

"Hasil survei, jika saya lihat di Pasar Klojen, Terminal Menak Koncar, dan di Kali Asem, persiapannya boleh dikatakan 80 persen. Pasar Klojen sudah mulai bersih, salurannya sudah dibersihkan, tinggal dijaga kebersihannya termasuk toiletnya," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa di tempat-tempat publik di sekitar kota, terutama menjelang musim penghujan, penting untuk membersihkan saluran-saluran air guna mencegah banjir genangan.

"Di Terminal Menak Koncar juga begitu, sarana dan prasarana di toilet seperti keset, ada beberapa tempat perlu diperbaiki. Kalau di Kali Asem sudah dibersihkan tetapi normalisasinya yang belum, karena ini sedimen sudah cukup tinggi," tambahnya.

Dengan perhatian serius terhadap persiapan dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, Lumajang optimis untuk meraih prestasi baik dalam penilaian Adipura 2024.

Pj. Bupati berharap, agar semua pihak terus berkontribusi untuk menjaga kebersihan dan keindahan Lingkungan Hidup demi mewujudkan kesejahteraan bersama. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan