Dukungan Penuh Pemerintah, Wisata Sumber Takir Menuju Peningkatan Ekonomi Desa
03 Februari 2024 | Dilihat 965 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengunjungi lokasi wisata Sumber Takir di Desa Jokarto, Kecamatan Tempeh. Sumber Takir, sebuah sumber mata air yang terletak di kawasan hutan Jokarto, telah dimanfaatkan Pemerintah Desa sebagai potensi ekonomi yang dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

"Ini merupakan sebuah ide yang luar biasa untuk mengangkat ekonomi masyarakat melalui tempat wisata. Ini sesuai dengan program saya sebagai Pj. Bupati, bagaimana mempromosikan tempat wisata dan menguatkan UMKM," ujarnya Pj. Bupati Lumajang dalam kunjungannya tersebut, Sabtu (3/2/2024).

Dalam kesempatan itu, Yuyun juga memberikan apresiasi tinggi terhadap ide yang digagas oleh Pemerintah Desa Jokarto. Menurutnya, konsep wisata Sumber Takir tidak hanya sebagai destinasi rekreasi, tetapi juga sebagai sarana edukasi, terutama bagi anak-anak, untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan.

"Ide ini sangat bagus, apalagi ini harapan pak Inggi tidak hanya sebagai wisata, tapi jadi sarana edukasi utamanya bagi anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan. Semua warga di sini juga turut berkontribusi dalam pengelolaan tempat ini," katanya dengan antusias.

Saat ini, wisata Sumber Takir masih belum memberlakukan retribusi atau tiket masuk, hanya mengenakan biaya parkir. Indah Wahyuni mencatat tingginya kunjungan pengunjung dan potensi pendapatan dari parkir.

"Ini ramai ya, info dari pak Inggi tadi, dari parkir saja satu bulan bisa mencapai 10 juta. Ini potensi besar sekali, apalagi nanti jika sudah ada tiket masuk, pasti akan memberikan pemasukan yang signifikan bagi desa," terangnya.

Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pendampingan dalam pengelolaan wisata Sumber Takir agar semakin berkembang dan berkelanjutan.

"Ini akan terus kami dukung, saya meminta Kepala Dinas Pariwisata untuk terus memantau perkembangan wisata Sumber Takir ini, dan saya minta agar terus didampingi dalam pengelolaannya," tambah dia.

Dengan adanya dukungan tersebut, diharapkan Sumber Takir dapat menjadi destinasi unggulan yang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memberdayakan perekonomian lokal dan memberikan edukasi lingkungan yang berkelanjutan. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan