Kegiatan Capacity Building 3 Hari, BPBD Lumajang Tingkatkan Keterampilan Penanggulangan Bencana
28 Januari 2024 | Dilihat 45 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan pencegahan bencana, Personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan capacity building berupa latihan fisik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 26 hingga 28 Januari 2024.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan personil BPBD Lumajang yang memiliki peran strategis dalam menangani situasi darurat dan bencana di wilayah mereka. Latihan fisik tersebut dirancang untuk meningkatkan ketangguhan fisik dan mental para personil dalam menghadapi berbagai skenario bencana yang mungkin terjadi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, turut memberikan arahan dan pesan kepada seluruh peserta kegiatan. Dalam sambutannya, Agus Triyono menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan dan keterampilan personil BPBD dalam menangani bencana.

"Kegiatan ini merupakan investasi untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personil BPBD dalam menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja," ujar Agus Triyono yang juga sekaligus selaku Ex Officio Kepala BPBD Kabupaten Lumajang.

Selain itu, Agus Triyono juga menekankan pentingnya kerja sama tim dan koordinasi yang baik antarinstansi terkait dalam menangani bencana.

"Komitmen dan kerjasama yang baik adalah kunci keberhasilan dalam penanggulangan bencana. Saya berharap setelah kegiatan ini, personil BPBD semakin siap dan terlatih dengan baik," katanya.

Kegiatan capacity building tersebut melibatkan berbagai simulasi bencana, termasuk evakuasi korban, penanganan pertolongan pertama, dan koordinasi tim di lapangan. Seluruh personil BPBD Lumajang diberikan pemahaman mendalam tentang prosedur darurat dan taktik terbaik dalam penanggulangan bencana.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan personil BPBD Lumajang dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam menghadapi dan menangani bencana alam.

“Langkah-langkah preventif dan responsif yang efektif akan menjadi landasan kuat untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan