KSM Bank Sampah Sumber Kahuripan Desa Sumberwuluh Lumajang Galakkan Pemilahan Sampah Setiap Minggu
05 Februari 2024 | Dilihat 946 kali | Penulis Samsul . Redaktur Anam

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bank Sampah Induk Sumber Kahuripan Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terus menunjukkan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dan kebersihan lingkungan melalui kegiatan rutin pemilahan sampah setiap hari Minggu pagi.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB di halaman Bank Sampah Induk Sumber Kahuripan, dengan memiliki tujuan ganda, yakni meningkatkan nilai ekonomis sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Senin (5/2/2024), Ketua KSM Bank Sampah Induk Sumber Kahuripan, Umar Anangrok menjelaskan bahwa, sampah yang terkumpul dari masyarakat dipilah terlebih dahulu berdasarkan jenisnya.

"Sampah plastik, kertas, dan kaca dipisahkan dan dijual ke pengepul. Sedangkan sampah organik diolah menjadi kompos," ujarnya dengan antusias.

Menurutnya, kegiatan pemilahan sampah tersebut bukan hanya melibatkan anggota KSM, tetapi juga melibatkan masyarakat sekitar. Mereka berpartisipasi dengan antusias, tidak hanya dalam pemilahan sampah, tetapi juga belajar tentang jenis-jenis sampah dan cara pengolahannya.

Salah satu peserta, Erik menyebutkan manfaat positif dari kegiatan tersebut. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain meningkatkan nilai ekonomis sampah, kegiatan ini juga membantu menjaga kebersihan lingkungan," katanya/

Ketua KSM, Umar Anangrok, berharap kegiatan pemilahan sampah tersebut dapat terus berlanjut dan diikuti oleh lebih banyak masyarakat.

"Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan nilai ekonomis sampah," tutupnya dengan harapan positif untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. (KIM Sumberwuluh/CakSul)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan