Perubahan Signifikan, Periode Kenaikan Pangkat PNS di Kabupaten Lumajang Bertambah Menjadi Enam Kali Setahun
05 Februari 2024 | Dilihat 954 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Reza

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono mengumumkan perubahan signifikan dalam periode kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah tersebut.

Pada Upacara Bendera dan Penyampaian Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat Periode 1 Februari 2024, Agus Triyono menyampaikan bahwa periode kenaikan pangkat yang sebelumnya berlaku dua periode, kini telah diubah menjadi enam periode.

Perubahan tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Periodisasi Kenaikan Pangkat PNS. Dalam amanatnya, Agus Triyono menjelaskan bahwa periode kenaikan pangkat akan terjadi setiap 1 Februari, 1 April, 1 Juni, 1 Agustus, 1 Oktober, dan 1 Desember.

"Periode kenaikan pangkat sebelumnya ditetapkan pada 1 April dan 1 Oktober. Sekarang, kenaikan pangkat itu menjadi enam periode, yaitu 1 Februari, 1 April, 1 Juni, 1 Agustus, 1 Oktober, dan 1 Desember," ungkap Agus Triyono.

Menurut Sekda, kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan kepada PNS sebagai bentuk apresiasi atas prestasi kerja dan pengabdian mereka kepada negara. Ia menegaskan bahwa PNS yang menerima kenaikan pangkat harus memenuhi sejumlah persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kenaikan pangkat adalah penghargaan dari pemerintah. Oleh karena itu, kita selaku ASN (Aparatur Sipil Negara) tetap dituntut untuk meningkatkan kinerja kepada pemerintah Kabupaten Lumajang," tambahnya.

Dalam kenaikan pangkat periode 1 Februari 2024, tercatat sebanyak 310 SK diberikan kepada PNS. Rinciannya, 4 orang dari Golongan IV/C ke atas, 11 orang dari Golongan IV/A dan IV/B, serta 295 orang dari Golongan III/D ke bawah.

Sekda Agus Triyono mengharapkan, kenaikan pangkat tersebut dapat menjadi momentum bagi para PNS untuk terus memacu kinerja dan meningkatkan motivasi.

"Saya berharap kenaikan pangkat ini bisa memacu kita dalam bekerja, meningkatkan motivasi kita, terutama motivasi untuk segera menyesuaikan diri dengan kemajuan dan perubahan tantangan pemerintahan yang semakin cepat," harapnya.

Perubahan tersebut juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan semangat dan dedikasi PNS di Kabupaten Lumajang, sekaligus mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan