Pengusaha UMKM Lumajang Sabet Juara I Penghargaan Nasional dari Bogasari Flour Mills
07 Februari 2024 | Dilihat 511 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Diskopindag-lmj

Kesuksesan dunia usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali mencuri perhatian. Kali ini melalui prestasi gemilang yang diraih oleh Siti Saharia Mahindar, pengusaha UMKM di bidang makanan.

Siti Saharia berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dalam ajang SME Award 2023 yang diselenggarakan oleh Bogasari Flour Mills.

Siti Saharia Mahindar sebelumnya pernah meraih penghargaan Upakarti 2020 dalam kategori Jasa Pengabdian Bidang Industri Makanan. Kini, kesuksesannya semakin bersinar dengan meraih juara pertama SME Award 2023.

"Alhamdulillah dua kali menang, tiga tahun lalu juga masuk 10 besar se Indonesia," ungkap Siti Saharia Mahindar dengan raut wajah penuh kebahagiaan saat dikonfirmasi dalam kesibukannya, Rabu (7/2/2024).

Penghargaan tersebut didasarkan pada beberapa kriteria penilaian, termasuk kualitas produksi yang dihasilkan oleh usaha Siti Saharia. Ia selalu menggunakan bahan alami, bahan baku lokal, serta memanfaatkan limbah produksi untuk menciptakan produk berkualitas tinggi.

"Ada kriterianya, pertama kualitas produksi, kemudian saya selalu menggunakan bahan baku lokal, bahan isian saya buat sendiri, terus bahan tambahan sedikit," jelasnya.

Siti Saharia Mahindar juga dikenal sebagai pelopor dalam pemanfaatan limbah produksi. Ia menggunakan cangkang telur dan kulit pisang untuk membuat pupuk kompos yang digunakan untuk tanaman di sekitar rumah dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, limbah industri juga dimanfaatkannya untuk membuat tas belanja ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Muhammad Ridha mengapresiasi pencapaian luar biasa Siti Saharia Mahindar.

"Alhamdulillah bu Saharia pengusaha umkm kita mendapatkan penghargaan ke Australia dari Bogasari," ungkapnya.

Siti Saharia Mahindar merupakan salah satu pemilik UMKM binaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lumajang. Keberhasilannya menjadi inspirasi bagi para pengusaha UMKM di Kabupaten Lumajang untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas usaha mereka. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan