Pemkab Lumajang Salurkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Desa Jatigono
08 Februari 2024 | Dilihat 190 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Dinsos P3A-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur bergerak cepat memberikan bantuan kepada korban kebakaran rumah yang terjadi di Desa Jatigono Kecamatan Kunir, Selasa (6/2/2023) lalu.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada keluarga korban yang merupakan pemilik rumah, Eksan, warga Dusun Pandean RT 14, RW 03 Desa Jatigono Kecamatan Kunir. Dalam penyaluran bantuan tersebut, pemerintah memberikan sejumlah barang dan perlengkapan untuk membantu pemulihan kehidupan korban.

Saat dimintai keterangan melalui telepo selulernya, Kamis (8/2/2024), Petugas Dinsos PPPA Kabupaten Lumajang, Diki Andrianto menerangkan, bahwa bantuan yang diberikan meliputi 3 buah matras dan kasur, terpal, peralatan masak 2 paket, sandang 2 paket, kids wear 2 buah, selimut 5 buah, sarung 4, dan makanan siap saji sebanyak 4 kardus. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu korban untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi pasca-kebakaran.

Informasi dari Kepala Seksi Penanggulangan Bahaya Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja, Agus Haryoto, menyampaikan bahwa kebakaran diduga terjadi akibat lilin yang dinyalakan sebagai penerangan saat terjadi pemadaman listrik di wilayah tersebut. Saat kebakaran terjadi, korban beserta keluarga sedang melakukan ibadah sholat isya di masjid setempat.

"Korban bersama istri serta anaknya menjalankan sholat jam'ah di masjid. Dan pada saat itu juga salah satu warga setempat melihat ada kobaran api yang tiba-tiba sudah membesar di dalam rumah, selanjutnya warga tersebut langsung melaporkan kejadian kebakaran itu," ujar Agus Haryoto.

Penanganan kebakaran dilakukan dengan cepat oleh unit Damkar, melibatkan Unit Damkar, Petugas BPBD Kabupaten Lumajang, TNI-Polri, Petugas PLN, dan warga sekitar. Peristiwa tersebut menyebabkan kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, termasuk kerugian material berupa bangunan rumah, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, sepeda motor, dan surat berharga. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan