Jelang Pemilu 2024, Puluhan Satlinmas di Desa Wonosari Disiapkan untuk Amankan Suara Rakyat
08 Februari 2024 | Dilihat 255 kali | Penulis Umar . Redaktur Anam

Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 serentak pada 14 Februari mendatang, berbagai tahapan persiapan terus dilakukan demi memastikan kelancaran dan integritas proses pemilihan. Salah satu rangkaian kegiatan yang digelar adalah Sosialisasi Persiapan Kesiapsiagaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Wonosari, yang diselenggarakan Selasa (6/2/2024) lalu di Kecamatan Tekung.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Kamis (8/2/2024), Kepala Desa Wonosari, Nur Khotib menerangkan, bahwa dalam sosialisasi tersebut, dibahas isu-isu strategis terkait persiapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024, khususnya fokus pada peran Satlinmas dalam menjaga ketentraman, ketertiban umum, dan keamanan selama penyelenggaraan pemilu.

Lanjut dia, Desa Wonosari, yang memiliki 30 personel Linmas telah menyiapkan dua personel Linmas di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta lima Linmas di Balai Desa Wonosari. Pembagian tersebut bertujuan untuk memastikan setiap lokasi pemungutan suara mendapatkan pengamanan yang memadai.

“Dalam pembinaan itu, Satlinmas Desa Wonosari diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama pemungutan suara. Mereka juga diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjaga netralitas dan integritas dalam melaksanakan tugasnya,” terang dia.

Di samping itu, Kades Wonosari juga mengungkapkan pentingnya kesiapan Satlinmas dalam menghadapi pemilu kali ini.

"Peran Linmas sangat krusial dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pemilu. Dengan persiapan yang matang, kami yakin proses pemilihan akan berjalan dengan lancar dan adil," ungkap dia.

Sosialisasi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dan masyarakat setempat dalam memastikan terlaksananya pemilu yang berintegritas, baik dari segi proses maupun hasil.

“Dengan kesiapan yang terencana, diharapkan masyarakat dapat memberikan suara mereka dengan aman dan nyaman pada hari pemungutan suara nanti,” harapnya. (KIM Wonosari Bisa/Umr)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan