Ramainya Car Free Day Alun-Alun Lumajang, PKL Raih Untung Besar, Pengentasan Kemiskinan Terwujud
12 Februari 2024 | Dilihat 432 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Ardi

Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di Alun-Alun Lumajang menjadi ajang populer yang mampu menarik perhatian masyarakat setiap akhir pekan. Ramainya pengunjung yang berduyun-duyun untuk melaksanakan aktivitas olahraga di area tersebut membuktikan bahwa CFD telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kota ini.

Setiap akhir pekan, Alun-Alun Lumajang menjadi saksi bisu keceriaan warga yang menikmati kebebasan dari kebisingan kendaraan bermotor. Para pengunjung berbondong-bondong hadir, membawa sepeda, jogging, atau sekadar bersantai menikmati suasana bebas polusi udara dan kebisingan kendaraan.

Tidak hanya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berolahraga, CFD di Alun-Alun Lumajang juga menjadi peluang emas bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk meningkatkan pendapatan. Andis (34th), seorang penjual mainan anak-anak yang sudah puluhan tahun berjualan di Alun-Alun Lumajang, menyatakan bahwa omzetnya meningkat dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya CFD ini. Omzet saya setiap hari Sabtu atau Minggu bisa mencapai 1 juta rupiah, sementara pada hari biasa hanya sekitar Rp400 ribu-an," ungkap Andis dengan senyum sumringah saat di konfirmasi di sela kesibukannya saat berjualan, Minggu (11/2/2024).

Andis, yang berasal dari Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, merasa terbantu dengan diselenggarakannya CFD oleh pemerintah setiap akhir pekan. Menurutnya, CFD tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi masyarakat, tetapi juga memberikan pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi para PKL di area Alun-Alun Lumajang.

"Pemerintah benar-benar memberikan dukungan kepada kami para pedagang. CFD ini membantu kami menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, baik dari masyarakat lokal maupun wisatawan," terangnya.

Para pedagang seperti Andis berharap agar kegiatan CFD tetap berlanjut dan semakin ditingkatkan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi lokal. Seiring dengan itu, Alun-Alun Lumajang semakin menjadi destinasi yang menarik bagi warga dan wisatawan untuk menikmati akhir pekan yang ceria dan penuh berbagai kegiatan positif. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan