Integritas Pemilu Jadi Fokus Utama, Pj. Bupati Lumajang Ingatkan Pentingnya Pengamanan Surat Suara
12 Februari 2024 | Dilihat 524 kali | Penulis Ajeng . Redaktur Anam

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) menegaskan pentingnya menjaga integritas proses pemilihan umum (Pemilu) 2024, terutama dalam pengamanan surat suara dan logistiknya.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemilu 2024 yang bertempat di Gedung Panti PKK Kabupaten Lumajang, Senin (12/2/2024).

Yuyun juga menyampaikan, bahwa upaya tersebut merupakan langkah antisipatif untuk menghindari potensi gangguan yang tidak diinginkan selama pelaksanaan Pemilu 2024. Ia menyoroti pentingnya menjaga integritas proses pemilu dengan merinci beberapa poin kunci.

"Setiap permasalahan yang muncul harus segera diselesaikan oleh jajaran Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, red). Para Camat diharapkan turun langsung menangani setiap kendala agar tidak menjadi hambatan dalam proses perhitungan suara. Jika tidak ada tanggapan, sampaikan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk langkah lebih lanjut," ujarnya.

Yuyun memastikan agar surat suara tetap utuh dari awal hingga sampai di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan memberikan penekanan khusus pada keamanan logistik Pemilu. Selain itu, penanganan sisa kertas surat suara juga menjadi sorotan utama untuk mencegah tuduhan dan potensi masalah lainnya.

"Kami berharap agar pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan lancar. Jangan biarkan masalah kecil menjadi besar, dan tetap jaga netralitas tanpa terbawa arus politik," harapnya.

Rakor Persiapan Pemilu 2024 dihadiri oleh para Camat di wilayah Kabupaten Lumajang, menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu sebagai bagian dari mewujudkan demokrasi yang sehat. (Kominfo-lmj/Aj)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan