Sekda Lumajang: Pemilih Pemula, Kunci Sukses Demokrasi di Masa Depan
14 Februari 2024 | Dilihat 545 kali | Penulis Indah . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Anam

Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, telah menjadi panggung antusiasme tinggi dari pemilih pemula, terutama di TPS Desa Babakan Kecamatan Padang, di mana persentase partisipasi mencapai angka mengesankan sebesar 70 persen.

"Dukungan yang kuat dari TNI-Polri, para stakeholder, dan kebijakan menggratiskan masuk wisata pasca-nyoblos menjadi faktor utama dalam kesuksesan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024," ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, saat memberikan keterangan di sela-sela kegiatan Pemantauan Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024).

Agus Triyono menyoroti bahwa partisipasi pemilih pemula di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Lumajang terlihat sangat baik. Hal tersebut mencerminkan keberhasilan upaya sosialisasi yang dilakukan oleh TNI-Polri, stakeholder, dan pihak terkait dalam meningkatkan kesadaran politik generasi muda.

Dalam kesempatan itu, Sekda Lumajang juga mengapresiasi inisiatif sejumlah masyarakat yang memberikan kuliner gratis bagi pemilih pemula pasca-nyoblos. Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi dorongan positif, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Beberapa TPS strategis yang dikunjungi dalam pemantauan oleh Tim B yang terdiri dari Dandim 0821 Lumajang, Sekda Lumajang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Lumajang, dan sejumlah Perangkat Daerah, meliputi TPS 015 Desa Karangsari Kecamatan Sukodono, TPS 002 Desa Babakan Kecamatan Padang, TPS 004 Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang, TPS 015 Desa Klakah Kecamatan Klakah, dan TPS 003 Desa Banyuputih Lor Kecamatan Ranguagung.

Sekda berharap, kesuksesan tinggi partisipasi pemilih pemula dapat menjadi tonggak positif dan inspiratif, menciptakan fondasi yang kuat untuk keikutsertaan aktif generasi muda dalam proses demokrasi di masa mendatang. (Kominfo-lmj/Indah)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan