Sekda Lumajang Ajak Mitra BPS Perkuat Data Indeks Pembangunan Manusia
15 Februari 2024 | Dilihat 184 kali | Penulis Fransisca . Redaktur Anam

Sebagai upaya meningkatkan akurasi dan kualitas data terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono mengajak seluruh Mitra Badan Pusat Statistik (BPS), untuk berkolaborasi dalam penguatan data IPM tahun 2024.

Dalam Rapat Koordinasi yang digelar di Ruang Nararya Kirana Pemkab Lumajang, Kamis (15/2/2024), Sekda Lumajang menyampaikan kebanggaannya atas peningkatan peringkat IPM Kabupaten Lumajang pada tahun 2023.

"Alhamdulillah, selama 5 tahun terakhir, IPM Kabupaten Lumajang berhasil naik peringkat dari 36 ke 35 di Jawa Timur," ujarnya dengan bangga.

Ia juga menyampaikan, bahwa peningkatan tersebut diakui sebagai hasil dari kerja keras Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam melaksanakan program prioritas pembangunan sumber daya manusia.

"Ini adalah capaian yang membanggakan, namun kita tidak boleh berpuas diri. Kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas data dan memperbaiki indikator-indikator yang relevan dengan perkembangan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Mustaqim, pentingnya peran Mitra BPS dalam mendukung pencapaian data yang akurat.

"Kita akan memberikan semangat kepada Mitra BPS untuk turun ke lapangan dengan tekad yang kuat. Kegiatan pendampingan masyarakat untuk memonitor kondisi sosial dan IPM di Kabupaten Lumajang akan dimulai pada tanggal 19 Februari dan berlangsung selama satu bulan ke depan," terangnya.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh 81 Mitra BPS yang bertugas di Kabupaten Lumajang untuk melaksanakan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Diharapkan, melalui koordinasi yang baik, para Mitra BPS dapat melaksanakan tugas dengan baik, menjaga etika, dan kesehatan.

"Para Mitra BPS merupakan jembatan penting dalam pengumpulan data yang akurat dan berkualitas. Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fb)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan