Kontinuitas Produk UMKM Jadi Kunci Kesuksesan Pasca Pameran Produk
14 November 2023 | Dilihat 577 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Menjaga kontinuitas produk merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setelah mengikuti pameran produk.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono saat dimintai keterangan usai mengikuti Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda se-Jatim, bertempat di Hall Hotel Haris Surabaya, Senin (13/11/2023).

Rahayu juga menyampaikan, bahwa menjaga kontinuitas produk menjadi hal yang paling utama dalam upaya mendapatkan manfaat maksimal dari pameran produk yang diikuti.

Menurutnya, pameran produk adalah kesempatan yang berharga bagi UMKM untuk memperkenalkan produk kepada pasar yang lebih luas, membangun jaringan bisnis baru, dan meningkatkan penjualan.

Namun, setelah pameran berakhir, UMKM seringkali menghadapi kesulitan dalam menjaga momentum dan kontinuitas produknya.

"Partisipasi dalam pameran produk adalah langkah awal yang penting bagi UMKM untuk mempromosikan produknya. Sering kali, usai mengikuti pameran, konsumen melakukan order produk UMKM yang ditemuinya di pameran, namun produknya sudah tidak ada lagi," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Lumajang juga mengungkapkan, bahwa pihaknya berterima kepada pemerintah daerah, karena saat ini Pj. Bupati Lumajang mengeluarkan kebijakan agar jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang berbelanja produk UMKM minimal Rp100 Ribu untuk setiap minggunya.

"Alhamdulillah.. kebijakan ini, bisa meningkatkan omset pelaku UMKM di Lumajang. Semoga, kedepannya UMKM di Lumajang bisa berkembang," ungkapnya. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan