Langkah Positif PKK Lumajang, Edukasi Sehat dan Kreasi Menu B2SA untuk Kesejahteraan Keluarga
16 November 2023 | Dilihat 376 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kedepannya, TP PKK Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif sehat, dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat pangan lokal untuk kesejahteraan keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono saat dimintai keterangan di sela acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Tahun 2023 Provinsi Jawa Timur, bertempat di JX International Convention Exhibition (Jatim Expo) Surabaya, Rabu (15/11/2023).

Rahayu juga menyampaikan, bahwa dirinya mengapresiasi kreativitas dan dedikasi anggota PKK Kecamatan Pasrujambe yang mewakili Kabupaten Lumajang dalam menciptakan menu sehat berbasis pangan lokal, karena telah berhasil menghadirkan kreasi Menu Berbasis Pangan Lokal (B2SA) yang tak hanya sehat, tetapi juga memikat selera keluarga.

Lanjut dia, dalam Lomba Cipta Menu B2SA yang diadakan sebagai bagian dari peringatan Hari Pangan Sedunia, para anggota PKK mempresentasikan menu-menu inovatif yang menggabungkan keanekaragaman bahan pangan lokal dengan kelezatan yang memikat. Dan, Rahayu mengungkapkan kekagumannya terhadap semangat dan kreativitas yang ditunjukkan oleh tim-tim PKK.

"Kreasi menu B2SA yang telah disajikan oleh para ibu PKK bukan hanya mencerminkan keahlian kuliner, tetapi juga menjadi inspirasi bagi keluarga untuk menjalani gaya hidup sehat. Ini adalah langkah positif dalam memperkenalkan rahasia sehat ala PKK," ujar dia.

Menurut Rahayu, menu B2SA yang dipresentasikan tidak hanya mengutamakan rasa lezat, tetapi juga memperhatikan nilai gizi dari setiap hidangan. Para ibu PKK menggali potensi bahan pangan lokal di sekitar tempat tinggal, kemudian menciptakan hidangan yang menggugah selera dan memberikan manfaat kesehatan.

"Dalam setiap kreasi menu B2SA, terdapat rahasia sehat ala PKK yang mengedepankan penggunaan bahan-bahan alami dan segar. Kami ingin masyarakat memahami bahwa pilihan makanan yang sehat juga dapat dinikmati dengan cita rasa yang istimewa," katanya.

Lomba tersebut tidak hanya memberikan wadah untuk mengekspresikan kreativitas kuliner, tetapi juga sebagai upaya PKK untuk memberdayakan masyarakat dalam memilih dan memanfaatkan pangan lokal untuk menciptakan hidup sehat. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan