112 Orang Terima SK PNS untuk Memperkuat Pelayanan Publik
17 November 2023 | Dilihat 269 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sejumlah 112 orang, yang terdiri dari 87 tenaga kesehatan dan 25 tenaga teknis, meneriman Surat Keputusan (SK) Pegawai Negeri Sipil (PNS), Jumat (17/11/2023). 

SK itu, diserahkan oleh Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) dalam Upacara Bendera Aparatus Sipil Negara (ASN) dan Penyerahan SK Pegawai Negeri Sipil Formasi 2021-2022, bertempat di halaman Pemkab Lumajang.

Dalam arahannya Pj. Bupati Lumajang menjelaskan, berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tentang Pegawai Negeri Sipil, bahwa Pengadaan ASN, bertujuan untuk memperoleh ASN yang memiliki karakteristik pribadi penyelenggara pelayanan publik, mampu berperan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI).

Kemudian, memiliki kecerdasan yang tinggi untuk pengembangan kapasitas dan kinerja organisasi serta memiliki keterampilan, keahlian, dan perilaku sesuai dengan tuntutan jabatan.

"Kita sekarang harus bisa menjadi pelayan, bukan lagi yang dilayani, karena konsepnya kita bukan sebagai pamor, tapi adalah sebagai abdi negara dan masyarakat, kemudian kita juga harus merubah mindset kita bahwa kita adalah pelayan, otomatis kita harus bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, cepat, tepat dan ramah," jelasnya.

Menurutnya, sebagai abdi negara dan masyarakat, ASN juga dituntut menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat, seperti misal menjaga sikap dan perilaku disiplin.

"Kepada seluruh PNS yang baru mendapatkan SK, saya minta untuk tetap menjaga sikap dan perilakunya, terutama soal kedisiplinan," terang dia.

Yuyun juga menekankan, agar seluruh ASN dapat mengimplementasikan atau menerpakan IkI dalam menjalankan tugas.

"Saya minta seluruh ASN punya IKI, apa itu IKI? yaitu inisiatif, kolaborasi dan inovasi," ungkapnya.

Selain itu, seluruh ASN yang baru mendapatkan SK, juga diminta segera menerapkan 3C, yaitu Cepat beradaptasi, Cepat bersosialisasi, Cepat melihat permasalahan yang ada serta cepat untuk segera mengatasi permasalahan tersebut.

"Saya harap para PNS yang mendapatkan SK, untuk segera menunjukkan kinerja kalian, namun jangan lupa untuk tetap mengormati senior kalian, sehingga ada kolaborasi antara senior dan juniornya," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan