Pemkab Lumajang Berkomitmen Mewujudkan Pemukiman yang Sehat melalui Sanitasi Aman
22 November 2023 | Dilihat 193 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang berkomitmen akan terus meningkatkan penyediaan layanan akses sanitasi aman, untuk menjamin terpenuhinya serta terwujudnya pemukiman yang sehat bagi masyarakat.

"Semua jajaran di Pemkab Lumajang akan siap membantu UNICEF dan Universitas Airlangga (UNAIR) bersinergi untuk meningkatkan sanitasi," ungkap Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) dalam acara Perayaan Hari Toilet Sedunia, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Selasa (21/11/2023).

Yuyun juga mengungkapkan, bahwa upaya percepatan dalam penyelenggaraan akses sanitasi aman itu menjadi hal yang harus diprioritaskan, sehingga bisa menekan dampak penyebaran penyakit, serta masyarakat bisa menjalankan hidup sehat.

"Akan terus kami upayakan percepatannya, melalui berbagai macam program dan perencanaan kegiatan kedepannya," terang dia.

Dengan terwujudnya sanitasi aman secara menyeluruh, dirinya berharap dapat menekan masalah lingkungan serta menyelesaikan permasalahan yang diakibatkan sanitasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lumajang Endah Mardiana dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan diadakannya acara tersebut, untuk peringatan Hari Toilet Se Dunia yang jatuh setiap tanggal 19 November, guna membangkitkan kesadaran penduduk global dalam pentingnya akses sanitasi aman.

Ia juga menjelaskan bahwa di acara tersebut sekaligus diluncurkannya Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) serta launching Unit Usaha Sanitasi BUMDES.

Di momentum Hari Toilet Se Dunia tahun 2023 ini, Endah berharap agar masyarakat lebih mengerti akan pentingnya memiliki toilet atau sanitasi aman guna kenyamanan serta berkehidupan yang sehat.

"Semoga acara ini menjadi momen yang bermanfaat untuk kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki toilet serta sanitasi aman demi kesehatan kita bersama," harapnya. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan