Sakura Ala Lumajang, Pohon Tabebuya Memesona di Tengah Kemarau
23 November 2023 | Dilihat 1327 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemandangan berbeda nampak di sepanjang Jalan Gubernur Suryo atau Embong Kembar, Kelurahan Tompokersan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pasalnya, puluhan pohon Tabebuya yang ditanam sudah berbunga, bunganya sekilas terlihat seperti bunga sakura yang mekar saat musim semi di dataran Jepang.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Kamis (23/11/2023), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik mengatakan, bahwa sedikitnya ada 41 Pohon Tabebuya yang ditanam sepanjang kawasan RTLH Embong Kembar. Pohon-pohon tersebut ditanam pada Tahun 2019 lalu.

Ia juga mengatakan, pohon Tabebuya tersebut merupakan tanaman jenis bunga yang berbunga pada musim kemarau.

"Pohon Tabebuya sendiri adalah Pohon peneduh yang berbunga di perubahan dari musim kemarau ke musim hujan. Jenis pohon Tabebuya sendiri yg ditanam di seputaran Embong Kembar ini ada 3 yaitu warna merah muda, kuning dan putih," katanya.

Menurutnya, secara pengelolaan pohon Tabebuya sendiri pun tidak jauh berbeda dari pohon jenis lainnya. Untuk pengembangannya sendiri melalui steck batang pohon.

"Kini pohon Tabebuya sudah memasuki masa berbunga dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar," ujarnya.

Berbunganya Pohon Tabebuya tersebut menjadi pemandangan bagi pengguna jalan yang melintas, tidak sedikit masyarakat berhenti untuk berfoto dengan pemandangan yang mirip dengan Bunga Sakura di Jepang. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan