Informasi dan Edukasi, Kunci Sukses KIM Lumajang dalam Menekan Stunting
24 November 2023 | Dilihat 1170 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) mempunyai peran krusial dalam upaya menekan kasus stunting, yang saat ini telah menjadi perhatian serius di kalangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, dr. Rosyidah saat membuka kegiatan Diseminasi Stunting ke-2, bertempat di Aula Galaxy Klapan Resto Lumajang, Kamis (23/11/2023).

Menurut dr. Rosyidah, dengan pendekatan yang terarah, yang melibatkan organisasi kemasyarakatan, maka KIM telah memainkan peran penting dalam mendiseminasikan informasi untuk mengedukasi dalam upaya pencegahan maupun penanganan stunting.

“Salah satu langkah kunci yang diambil oleh KIM nantinya, dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan penyuluhan di tingkat desa dan kelurahan melalui kanal informasi yang dikelolanya untuk mengajak ibu hamil, ayah, dan keluarga untuk terlibat aktif dalam pemahaman akan pentingnya gizi seimbang dan perawatan kesehatan anak,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua KIM Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung, Luluk Sampurno mengungkapkan, bahwa dalam menekan kasus stunting sangatlah penting untuk berkolaborasi dengan lintas sektoral yang ada di wilayah. Oleh karena itu, KIM akan berupaya menyajikan informasi tentang pencegahan maupun penanganan stunting.

"Kami sadar bahwa upaya ini memerlukan kerja sama semua pihak. Untuk itu, KIM akan berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan masyarakat dengan sumber daya dan informasi yang dibutuhkan," ungkap dia.

Dirinya berharap, dengan kontribusi positif yang dilakukan KIM nantinya, dapat mewujudkan percepatan dalam penurunan angka kasus stunting di Lumajang, sehingga tercetak generasi yang lebih sehat dan berkualitas di masa depan. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan