Berkolaborasi untuk Kebudayaan, Tari Topeng Kaliwungu Tampil dalam Situbondo Ethnic Festival 2023
28 November 2023 | Dilihat 685 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Partisipasi Tari Topeng Kaliwungu dalam Situbondo Ethnic Festival 2023 merupakan langkah penting untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Tampil dalam berbagai event, termasuk dalam acara Situbondo Ethnic Festival 2023 kemarin, harapannya Tari Topeng Kaliwungu bisa melestarikan warisan budaya daerah, serta lebih dikenal lagi di hati masyarakat dari berbagai daerah,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Senin (27/11/2023).

Agus Triyono juga menerangkan, bahwa setelah tampil memukau dalam ajang International Mask Festival (IMF) 2023 yang digelar di Dalem Djojokoesoeman, Surakarta pada pertengahan November 2023 lalu, Tari Topeng Kaliwungu diundang sebagai peserta kehormatan dalam Situbondo Ethnic Festival 2023 untuk merayakan keberagaman budaya Indonesia.

Lanjut dia, acara yang digelar di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tersebut menyuguhkan keindahan dan kearifan lokal dari berbagai daerah, dan Tari Topeng Kaliwungu juga tampil memukau dalam event tersebut.

"Kami berharap kerja sama semacam ini dapat terus ditingkatkan, tidak hanya sebagai bentuk promosi pariwisata, tetapi juga untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan masyarakat tentang keberagaman budaya di Indonesia," harapnya

Dalam kesempatan itu, Sekda Lumajang juga mengajak masyarakat Lumajang untuk lebih aktif dalam mendukung dan mengembangkan seni budaya lokal.

"Melalui partisipasi dalam festival-festival budaya seperti ini, kita dapat membangun kebersamaan dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya yang kita miliki," ungkap dia.

Ia menambahkan, bahwa terselenggaranya event seperti Situbondo Ethnic Festival sebagai platform untuk pertukaran budaya diharapkan dapat terus tumbuh dan menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam menjaga dan menghargai keberagaman budaya Indonesia.

“Keberhasilan Tari Topeng Kaliwungu sebagai peserta kehormatan menjadi bukti bahwa kekayaan budaya nusantara mampu merajut persatuan dan kesatuan di tengah keragaman,” imbuh dia. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan