Pj. Bupati Lumajang : Reboisasi sebagai Upaya Bersama Warga di Harjalu untuk Lingkungan Hijau
28 November 2023 | Dilihat 303 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk melakukan tandur bareng atau reboisasi dalam momentum Hari Jadi Lumajang (Harjalu) 2023.

Ia menyebutkan, adanya reboisasi dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya yakni membuat udara tetap bersih dan sehat.

"Banyak pohon berarti oksigennya juga tambah bagus, sehingga bisa mengurangi adanya polusi udara," kata dia saat memberikan arahan pada kegiatan Tandur Bareng Dalam Rangka Memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia serta serta Harjalu 2023, di Sumber Randu Pinus, Desa Ranuyoso, Selasa (28/11/2023).

Tak hanya itu, penanaman pohon juga dinilai dapat mencegah terjadinya tanah longsor, bencana banjir sekaligus menjaga sumber mata air.

"Adanya reboisasi ini juga bisa mengurang bencana longsor, banjir, tidak kalah pentingnya kita juga bisa menjaga sumber mata air," ujarnya.

Yuyun mengharapkan, aktivitas penanaman pohon tersebut, bisa memberikan dampak positif terhadap ekosistem lingkungan di Lumajang.

"Mari kita bersama-sama menanam pohon, mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bisa berdampak positif pada ekosistem lingkungan di Lumajang," harapnya.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik, disebutkan bahwa adapun ratusan jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya, bibit mahoni dan juwet manting atau daun salam serta bibit trembesi.

"Jenis bibit yang disediakan hari ini dari Perhutani KBBH Probolinggo dan Lumajang 250 bibit Mahoni dan 250 juwet manting atau daun salam, kemudian dari DLH Lumajang ada 500 bibit terdiri dari 250 mahoni dan 250 bibit trembesi," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan